🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Pembahasan Teks Global Warming Chapter 4 Halaman 46 Kelas 11

Terjemahan Text Global Warming Chapter 4 Halaman 46 Kelas 11
Saifullah.id - Pada awal Chapter 4 tentang Natural Disasters-An Exposition (Bencana Alam-Sebuah Eksposisi) kita di suguhkan sebuah teks yang berjudul Global Warming. Teks ini bisa kita baca di buku paket Bahasa Inggris Kelas XI (Sebelas ) SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 revisi 2017.


Untuk mempermudah pemahaman Guru dan Siswa dalam proses belajar mengajar, maka saya berikan terjemahan teks Global Warming skaligus menjawab 3 buah soal diskusi di bawahnya. Semoga pembahasan materi dan soal ini bisa membantu kalian belajar di kelas maupun di rumah.

A. Pre-Activity

Read the text below.

Global Warming

Is it an end to our world?

Global warming is a phenomenon used to describe the gradual increase in the temperature of Earth's atmosphere and oceans. Global warming is not a new problem but lately people are acknowledging that we are facing a serious problem. Climate change is apparent everywhere. Failed crops, economic slowdown, and deforestation are among the several impacts of global warming.

First of all, there is irrefutable evidence that human activities have changed the atmosphere of our earth. Since the time we have been industrializing, we started polluting our waters and air, and have been releasing greenhouse gases that contribute to global warming.

Secondly, according to research by the Greenpeace organization, there is evidence of extensive deforestation being carried out in Indonesia and other tropical countries around the world. These forests are used to grow crops like palm sugar, palm oil and coffee—the lifeline of Western society (Green-peace report, 2007). The impact of climate change is noticeable throughout Asia-Pacific, either during hot days or too much rain accompanied by wind and thunderstorm. This has started to affect the economy as well.

Furthermore, the shifting weather patterns have made it difficult for farmers to grow crops. A recent study has shown that due to unpredictable weather patterns, there have been lot of failed crops [Reuters, 2007).

In conclusion, global warming is not a new problem nor are we solely responsible for it. But as the citizens of the world, we have to take every possible action to help overcome this issue. It is not only for us but to all the future generations to follow.

TERJEMAHAN

Pemanasan global

Apakah ini akhir dari dunia kita?

Pemanasan global adalah fenomena yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan bertahap suhu atmosfer bumi dan lautan. Pemanasan global bukanlah masalah baru tetapi akhir-akhir ini orang-orang mengakui bahwa kita sedang menghadapi masalah yang serius. Perubahan iklim terlihat di mana-mana. Gagal panen, perlambatan ekonomi, dan penggundulan hutan adalah beberapa dari beberapa dampak pemanasan global.

Pertama-tama, ada bukti tak terbantahkan bahwa aktivitas manusia telah mengubah atmosfer bumi kita. Sejak kita melakukan industrialisasi, kita mulai mencemari air dan udara kita, dan telah melepaskan gas rumah kaca yang berkontribusi pada pemanasan global.

Kedua, menurut penelitian organisasi Greenpeace, ada bukti deforestasi (penggundulan hutan) ekstensif (secara luas) dilakukan di Indonesia dan negara-negara tropis lainnya di seluruh dunia. Hutan-hutan ini digunakan untuk menanam tanaman seperti gula aren, minyak sawit, dan kopi—mata pencaharian masyarakat Barat (Green-peace report, 2007). Dampak perubahan iklim terlihat di seluruh Asia-Pasifik, baik pada hari-hari yang panas atau terlalu banyak hujan disertai angin dan badai petir. Hal ini juga mulai mempengaruhi perekonomian.

Selain itu, pola cuaca yang berubah-ubah membuat petani sulit bercocok tanam. Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa karena pola cuaca yang tidak dapat diprediksi, ada banyak gagal panen [Reuters, 2007).

Kesimpulannya, pemanasan global bukanlah masalah baru dan juga bukan tanggung jawab kita sendiri. Tetapi sebagai warga dunia, kita harus mengambil setiap tindakan yang mungkin untuk membantu mengatasi masalah ini. Ini bukan hanya untuk kita tetapi untuk semua diikuti oleh generasi mendatang.

Discussion

1. What is global warming?
2. Is it a severe problem? Why?
3. What kind of texts given above?
Diskusi
1. Apa itu pemanasan global?
2. Apakah ini masalah yang parah? Mengapa?
3. Apa jenis teks yang diberikan di atas?

 

Terjemahan Text Global Warming Chapter 4 Halaman 46 Kelas 11

KUNCI JAWABAN

  1. Global warming is a phenomenon used to describe the gradual increase in the temperature of Earth's atmosphere and oceans
  2. Yes, it is. Because it gives some bad impacts to us, such as climate change is apparent everywhere. Failed crops, economic slowdown, and deforestation are among the several impacts of global warming.
  3. Exposition text
  1. Pemanasan global adalah fenomena yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan bertahap suhu atmosfer bumi dan lautan.
  2. Iya. Karena memberikan dampak buruk bagi kita, seperti perubahan iklim yang terlihat dimana-mana. Gagal panen, perlambatan ekonomi, dan penggundulan hutan adalah beberapa dari beberapa dampak pemanasan global.
  3. Teks eksposisi.

Selain pembahasan di atas, kalian bisa menemukan pembahasan lainnya dengan menekan tombol berikut:
Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 Kelas 10 Kelas 11 Kelas 12

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

2 komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
  1. how can global warming cause economic slowdown?
    1. A recent study has shown that due to unpredictable weather patterns, there have been lot of failed crops [Reuters, 2007). It cause many farmers cannot get money for their daily life needs.
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.