🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Review Template Median UI 1.6 Update Terbaru. Mengecewakan?

Review Template Median UI 1.6 Update Terbaru. Mengecewakan?
Saifullah.id - Median UI versi 1.6 baru rilis beberapa waktu yang lalu. Template ini merupakan generasi  penerus dari Median UI versi 1.5. Tidak heran masih ada kemiripan dibeberapa sisi, namun ada juga beberapa perbaikan dan peningkatan di sisi yang lain.


Tapi mengapa saya masih pakai Median UI 1.5?

Setelah mengetahui Median UI melakukan update terbaru, saya langsung mengunjungi demo Blognya. Tentu sebelum melakukan update ke versi teratas, kita harus pastikan apakah versi terbaru ini jauh lebih baik atau malah sebaliknya.

Cek fitur terbaru itu wajib di lakukan. Selain itu mencari tahu fitur yang dihapus sebisa mungkin jangan ditinggalkan.

Karena berdasarkan pengalaman sebelumnya, saat Median UI 1.4 update ke versi Median UI 1.5, ada beberapa fitur menarik yang justru dihilangkan. Ternyata hal ini juga terjadi saat update ke Median UI 1.6. Ada fitur yang diubah sehingga membuat saya mempertimbangkan ulang.

Makanya saya belum melakukan update sama sekali template yang sekarang, karena ada kerangka template yang belum masuk selera saya.

Justru saya berencana ingin mengadopsi sebagian fitur yang ada di Median UI 1.6 agar template yang sekarang tidak perlu dikurangi apa-apa, tapi justru di tambah dengan fitur terbarunya.

Sebelum melakukan hal itu, ada baiknya kita bahas fitur apa saja yang terbaru dari Median UI 1.6 dan fitur apa saja yang mengecewakan.


Fitur Baru Median UI 1.6

Ada beberapa fitur baru yang saya ketahui dari update terakhir, yaitu:

1. Minimize Main Menu

Review Template Median UI 1.6 Update Terbaru. Mengecewakan?
Main Menu yang sebelumnya terbuka, kini secara default dibuat minimized (diperkecil). Sehingga hanya terlihat iconnya saja.

Kelebihan

Yang paling saya suka dari Main Menu terbaru adalah ketika kursor kita letakkan pada icon folder. Karena Submenu yang ada di dalam folder akan langsung terlihat dan bisa diakses.

Kekurangan

Walaupun submenunya jadi mudah di akses, tapi main menu yang diperkecil akan menyebabkan ruang postingan jadi semakin lebar.

Saya kurang suka dengan slot artikel yang terlalu lebar. Hal ini menyebabkan mata pengunjung menjadi cepat lelah karena harus bergerak dari kiri ke kanan berulang-ulang dengan sudut yang tajam saat membaca.

Ditambah lagi Main Menu yang diperkecil menyebabkan komposisi sidebar kiri dan sidebar kanan jadi kurang seimbang. Jadi terasa berat sebelah.

Belum lagi psikologi orang Indonesia itu rata-rata malas. Kalau Main Menu disembunyikan, mereka tidak bisa melihat isi menu di Blog kita. Bagaimana mau membuat mereka penasaran dan mengkliknya?

Jadi Main Menu seperti ini sangat bertentangan dengan prinsip marketing secara umum. Ibarat kita jualan makanan, tapi Menu hidangan disembunyikan. Bagi orang rajin mereka akan bertanya. Tapi bagi orang malas, mereka bingung dan lebih memilih rumah makan lain yang Menu makanannya dipasang pakai banner / spandung besar di depan toko.

Saran

Sebenarnya hal ini bisa di atasi jika pembuat template mau menambahkan slot iklan vertikal 160x600 di sisi kiri. Karena selain bisa menyeimbangkan lebar halaman, hal ini tentu bisa meningkatkan penghasilan.


2. Hidden Menu (More...)

Review Template Median UI 1.6 Update Terbaru. Mengecewakan?
Masih di Main Menu, ada 1 fitur yang bisa menymbunyikan dan memunculkan menu di dalamnya. Fitur ini pasti akan sangat berguna ketika kita punya menu yang terlalu banyak, dan ingin menyembunyikannya sebagian.

3. RTL Mode (Mode Right to Left)

Review Template Median UI 1.6 Update Terbaru. Mengecewakan?
Fitur ini berfungsi untuk mempermudah pembacaan teks bagi pengunjung dari Arab atau dari negara yang menggunakan sistem penulisan dari kanan ke kiri.

Kekurangan

Keren sih, tapi sayang masih ada bug yang perlu diperbaiki. Karena setelah kita aktifkan fitur ini. tidak ada tombol untuk mengembalikannya ke versi sebelumnya. Mau tidak mau kita harus edit alamat URL dan menghapus kode ?hl=ar serta menekan Enter agar tampilan kembali ke Mode LTR (Left to Right).

4. Vertikal Menu

Review Template Median UI 1.6 Update Terbaru. Mengecewakan?
Menu vertikal yang berada di atas tombol sosial media, memberikan nuansa baru pada Median UI. Menu ini bisa di isi dengan halaman Sitemap, Disclaimer, Privacy Policy, Term of Services, About, dan halaman lain yang dirasa jarang orang akses.

5. Kolom Pencarian Transparan

Review Template Median UI 1.6 Update Terbaru. Mengecewakan?
Saya kurang suka dengan tampilan yang sekarang karena membuat header atas terlihat kosong karena background widget search malah di samarkan. Backgroundnya baru akan muncul ketika di arahkan kursor.

6. Indikator Jumlah Komentar

Review Template Median UI 1.6 Update Terbaru. Mengecewakan?
Posisinya yang berada di pojok kanan di atas thumbnail terlihat lebih lebih keren dibanding versi sebelumnya.

Kekurangan

Tapi sayang, Label dan Tanggal tidak dibuat sejajar. Padahal jika dibuat satu baris akan lebih menghemat tempat dan postingan tidak terlalu panjang ke bawah.

7. Jendela Komentar

Review Template Median UI 1.6 Update Terbaru. Mengecewakan?
Kolom komentarnya lumayan banyak perubahan ya. Pertama posisinya jadi di tengah layar. Saya pikir ini perubahan yang sangat bagus, biar kepala kalian tidak miring ke kanan (sengklek).

Kedua foto profil komentator sudah menggunakan lazy load. Jadi mampu meringankan loading blog. Selain itu jadi seperti ditambah animasi karena efek dari lazyload image.

Kekurangan

Warna background balasan, satu warna dengan komentar di atasnya dan tidak ada garis pembatas. Walaupun tidak begitu masalah, tapi saya rasa versi sebelumnya lebih bagus.


8. Tampilan Tombol Share & Copy Link

Review Template Median UI 1.6 Update Terbaru. Mengecewakan?
Ikon dan warnanya lebih terasa hidup dibanding versi yang lalu. Mantaplah pokoknya. Cuma fitur Preview gambar dan judul artikel di hilangkan di Median UI 1.6


9. Perbaikan Table Of Content (TOC)

Review Template Median UI 1.6 Update Terbaru. Mengecewakan?
Aksen di pinggir tombol lumayan memberi kesan baru, bug penomoran pada TOC di Median UI 1.5 sudah diperbaiki di sini. Sebelumnya subjudul pakai angka desimal, jadi diubah pakai angka romawi. Pastinya cara ini untuk mencegah penomoran bertingkat seperti pada Median UI 1.5

10. Fungsi Grid & List Hilang

Review Template Median UI 1.6 Update Terbaru. Mengecewakan?
Walaupun fitur ini jarang di pakai, tapi menurut saya lumayan penting. Karena ada orang yang seleranya pakai Grid, ada yang suka tampilan List. Sebagai pemilik blog juga jadi mudah mengubah tampilan defaulnya seperti apa. Tapi sayang di Median UI 1.6 fitur ini di hapus.

11. Lainnya

Sebenarnya masih banyak lagi perubahan kecil yang ada di Median UI 1.6 yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Contohnya saja tampilan Blockquote, Note, Alert, Fitur Multi Syntax, Tampilan Artikel Terkait, Mobile Menu, dan seterusnya.

Kesimpulan

Median UI 1.6 memiliki kelebihan dan kekurangan yang masih bisa dimaklumi. Karena untuk membuat tampilan tertentu tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi sebagai pembuat template tentu mereka tidak akan bisa memuaskan semua orang.

Saya berharap semoga ulasan di atas bisa menjadi pertimbangan kedepannya. Supaya bisa menjadi referensi ketika melakukan update terbaru.

Disclaimer
Review di atas merupakan pendapat saya pribadi. Setiap orang pasti punya selera masing-masing tentang template yang bagus. Jika kalian punya pemikiran lain. Silakan sampaikan di kolom komentar.

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

32 komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
  1. sipp 👍
  2. min buat tutor ngembaliin grid&list modenya dong.
    1. Iya, kalau bisa saya buatnya, nanti saya bagikan.
    2. betul ditunggu min
  3. Saya tidak suka komentar Tema Median UI, karna tidak bisa engklik profil user.
    Mudah-mudahan tidak ada yang meniru praktek menghapus profil url.
    Begini cara memberi url profile di komentar Median UI.
    <a expr:href='data:cb.level.authorUrl'>
    <data:cb.level.author/>
    </a>
    1. Saling mengunjungi blog merupakan praktek bagus antara sesama blogger.
      Tolong balikin url profile.
    2. Benar juga. Terima kasih atas scriptnya.
  4. Tutorial merubah related view template v.1.5 yang agak besar itu menjadi seperti v1.6 dong bang.
    1. Yang mana kak? Bisa kirim screenshotnya?
  5. artikel terkait
  6. setelah update ke 1.6, artikel banyak yg berantakan. Contoh Post Break yg tadinya muncul di 1.5, di v1.6 malah ga muncul. Dicek ke dokumentasi Median Ui masih yg 1.5
  7. Kalau gak salah cara memperbaikinya masih sama seperti 1.5 kak. Pembuat templatenya mungkin gak sempat untuk ganti tulisan 1.5 jadi 1,6 di dokumentasinya.
    1. di dokumentasi emg masih untuk v1.5 kak, contohnya penulisan Post Break yg di v1.5 itu <i class="separate"></i>, sedangkan di v1.6 penulisannya <hr>
  8. Min thumbnail related post saya kok burik ya ( buram )1.5 mohon jawab min atau kasih tau tutorial memperbaiki nya ya,
    1. Tutorialnya sudah dibuatkan ya kak.https://www.saifullah.id/2021/11/cara-memperbaiki-thumbnail-related-post.html
  9. Halo bang, saya pake template median ui v1.6 versi amp di iklan sidebar sticky kenapa tidak muncul yaa? Ada solusikah?
    1. Saya belum pernah pakai versi yang amp jadi gak tahu
  10. Min, saya mau tanya kode apa saja yang boleh dihapus di template median ui v1.6? Saya sudah hapus kode komentar fb dan disqus agar tidak memberatkan blog. Saya cek di seositecheckup size html nya besar sekali. Ini hasilnya "The size of your webpage's HTML is 171.56 Kb, and is greater than the average size of 33 Kb" takut hapus kode hhehe boleh dibuatkan tutorialnya min?
    1. Kode yang memberatkan template Median UI 1.6 itu kode yang ada di CSS

      /* Font Body and Heading */ dan /* Source Code Font */
  11. coba bikin tutor fav icon kayak punya agan agar ga pecah maupun buram dan support di aplikasi peramban icon nya, pkoknya ga buram. punya saya buram keliatan dari tab web chrome mozila andro,. ditunggu gan
    1. Buat favicon dengan ukuran 512 x 512 pixel. Buat pakai PixelLab di android bisa atau pakai Photoshop juga bisa.
  12. Bg cara merubah menjadi grid gimana ya
  13. Bg logo header abg itu pake font apa terus size nya?
  14. Bg logo header blog ini pake font apa ya
    1. Font Poetsen One
  15. Itu di upload ke menu setting blog kan? Ada tag meta khusus ga buat fav icon nya
    1. Kalau cuma ditampilkan di atas tab cukup upload ke setting blog. Tapi kalau mau di tampilkan juga di speed dial browser sebaiknya tambah juga di tag meta khusus di dalam template. Caranya ada saya bahas di postingan berikut.https://www.saifullah.id/2021/11/cara-membuat-progressive-web-app.html#1._Cara_Membuat_Favicon_Recommended
  16. Bang cara ilangin iklan di bawah feed postingan yang ada di median ui 1.6 itu gimana ya bang. Barangkali mau berkunjung tsubete.blogspot.com hehe
    1. Cari kode <!--[ InFeed Ad ]--> lalu hapus dari <ins class='adsbygoogle'/> sampai </script>
  17. Bang tolong buatin tutorialnya dong cara membuat Minimize Main Menu seperti versi 1.6.tapi untuk versi 1.5 terimakasih bang
    1. Saya tidak tau cara minimize otomatis Main Menu pada tampilan awal versi 1.5 mirip 1.6, tapi saya sarankan jangan diminimize karena mengurangi SEO on page. Coba lihat situs berita terkenal, rata-rata mereka menggunakan template yang menampilkan Main Menu baik di atas maupun di samping. Karena itu berpengaruh pada psikologi pengunjung untuk mengklik.
  18. Cara taro label di bawah navbar seperti youtube tolong di bantu
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.