🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Bagaimana kamu menghemat barang-barangmu agar sumber daya alam dapat terjaga keberadaan?

Bagaimana kamu menghemat barang-barangmu agar sumber daya alam dapat terjaga keberadaan?
Saifullah.id
- Pertanyaan di atas merupakan soal di buku paket Kelas 4 SD/MI Tema 4 Halaman 74, Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Untuk menghemat barang dan menjaga sumber daya alam, kita bisa melakukan beberapa hal berikut ini:


1. Gunakan sesuatu seperlunya, jangan berlebihan

Contoh: Matikan lampu jika tidak digunakan. Gunakan sabun, sampo, dan pasta gigi secukupnya karena bahan kimia berlebih yang terlarut dalam air bekas mandi, jika terbawa ke alam (aliran sungai), bisa menjadi pencemaran air yang dapat mengganggu ekosistem di dalamnya.

2. Daur ulang barang bekas pakai

Contoh: Sampah plastik dan organik di daur ulang menjadi kerajinan kreatif atau pupuk kompos.

3. Gunakan media online

Contoh: Saat ulangan di sekolah, pasti akan menghabiskan banyak kertas untuk lembar soal dan jawaban. Alangkah baiknya di alihkan ke latihan online seperti pakai aplikasi agar tidak menghabiskan banyak kertas. Sehingga mengurangi penebangan pohon dihutan agar tidak gundul dan tetap terjaga kelestariannya.

4. Gunakan kendaraan umum

Contoh: Pakai bis atau ojek online ke sekolah. Dengan tidak menggunakan kendaraan pribadi, secara tidak langsung kita bisa mengurangi polusi atau emisi karbon di udara. Selain itu, dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil sehingga stok minyak negara tidak cepat habis.

Kesimpulan

Kita harus menggunakan barang-barang yang kita miliki dengan bijak, tidak boleh boros, dan harus sesuai dengan kebutuhan. Jika kita boros menggunakannya, maka prilaku tersebut akan mengancam ketersediaan sumber daya alam, karena barang-barang tersebut berasal dari sumber daya alam.

Demikian kunci jawaban dari pertanyaan "Bagaimana kamu menghemat barang-barangmu agar sumber daya alam dapat terjaga keberadaan?" di buku paket Kelas IV (Empat) Sekolah Dasar Tema 4. Jika kalian belum mempunyai buku paket, silakan DOWNLOAD DI SINI

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

2 komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
  1. good and interesting article content, besides that you can access related articles at the following url: https://news.unair.ac.id/2021/12/07/pakar-lingkungan-hidup-unair-kawal-studi-pasar-di-surabaya-bebas-kantong-plastik/
  2. Thanks
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.