🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Bacaan Doa Sesudah Sholat Dhuha Arab, Latin, dan Terjemahan

Bacaan Doa Sesudah Sholat Dhuha Arab, Latin, dan Terjemahan
Tugasiswa.com - Sholat Dhuha adalah salah satu bentuk ibadah dalam agama Islam yang dikerjakan pada waktu Dhuha atau forenoon, yaitu setelah matahari naik sedikit dari ufuk timur. Sholat ini termasuk dalam kategori sholat sunnah mu'akkadah, yang dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat Islam. Dhuha berasal dari kata Arab yang berarti pagi atau forenoon.

Doa Sesudah Sholat Dhuha

اَللّٰهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ اَللّٰهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ


Latin:
Allaahumma innadh dhuhaa-a dhuhaa-uka walbahaa-a bahaa-uka wal jamaala jamaaluka wal quwwata quw watuka wal qudrata qudratuka wal 'ishmatta 'ishmatuk. Allaahumma in kaana rizqii fissamaa-i fa anzilhu wa in kaanafil ardhi fa-akhrijhu wa in kaana mu'assaran fayas sirhu wa in kaana haraaman fathahhirhu wa in kaana ba'iidan faqarribhu bihaqqi dhuhaa-ika wa bahaa-ika wa jamaalika wa quuwatika wa qudratika aatinii maa aataita 'ibaadakash shalihiin.

Artinya:
"Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu Dhuha adalah waktu Dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, dan kekuasaan adalah kekuasaan-Mu serta penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rizqiku masih di atas langit, turunkanlah dan jika ada di dalam bumi, keluarkanlah. Jika sukar mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika masih jauh dekatkanlah, berkat waktu Dhuha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang saleh."

Fakta Penting Seputar Sholat Dhuha

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui tentang Sholat Dhuha:

1. Waktu Pelaksanaan

Sholat Dhuha dilakukan setelah terbitnya matahari hingga sebelum masuk waktu Dzuhur. Waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat ini adalah ketika matahari telah naik cukup tinggi di langit.

2. Jumlah Rakaat

Sholat Dhuha umumnya terdiri dari dua rakaat hingga delapan rakaat, meskipun jumlahnya bisa disesuaikan. Sunnah Rasulullah SAW melaksanakan sholat Dhuha dalam empat rakaat atau lebih.

3. Manfaat

Sholat Dhuha memiliki berbagai manfaat, baik spiritual maupun kesehatan. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa Allah akan memberikan pahala yang besar kepada orang yang melaksanakan sholat Dhuha.

4. Niat dan Doa

Sebelum melaksanakan sholat Dhuha, disarankan untuk berniat secara dalam hati dan membaca doa-doa yang sesuai dengan sunnah.

Sholat Dhuha merupakan amalan yang dianjurkan dan memberikan banyak keberkahan. Meskipun bukan wajib, melaksanakannya dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, meningkatkan keimanan, dan mendapatkan pahala.


Keutamaan Sholat Dhuha

Sholat sunnah Dhuha memiliki beberapa keutamaan menurut ajaran Islam. Meskipun tidak ada riwayat hadis yang secara eksplisit menyebutkan jumlah rakaat yang ideal untuk Sholat Dhuha, umumnya disarankan untuk melaksanakan antara 2 hingga 12 rakaat. Berikut adalah beberapa keutamaan Sholat Dhuha:

1. Dihapuskan dosa-dosa

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda,
"Di setiap sendi tubuh kalian ada sedekah. Setiap tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid itu adalah sedekah, setiap tahlil itu adalah sedekah, setiap takbir itu adalah sedekah, memberikan nasihat kepada seseorang juga adalah sedekah. Akan tetapi, dua rakaat Dhuha yang kalian sholat adalah sedekah yang paling sempurna." (HR. Muslim)

2. Mendapatkan pahala seperti sedekah

Rasulullah SAW bersabda,
"Di setiap pagi, di setiap tulang persendian dalam tubuh manusia ada sedekah, setiap kali seseorang mengadili antara dua orang dengan adil adalah sedekah. Menolong seseorang naik binatang atau memuat barangnya ke atasnya adalah sedekah. Kata-kata yang baik adalah sedekah. Setiap langkah yang diambil menuju sholat adalah sedekah, dan membuang sesuatu yang tidak bermanfaat dari jalan adalah sedekah." (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Membangun istana di surga

Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda,
"Di surga ada seratus tingkat yang Allah telah siapkan bagi orang-orang yang sholat Dhuha. Di setiap tingkatnya adalah seperti antara langit dan bumi." (HR. Muslim)

4. Mendapat perlindungan dari api neraka

Rasulullah SAW bersabda,
"Di setiap pagi, ada sedekah pada setiap sendi tulang dalam tubuh manusia. Setiap satu dari kalian mengeluarkan dari tubuhnya sedekah. Kala itu setiap kali seseorang sholat dua rakaat, itu adalah sedekah. Setiap kali seseorang sholat empat rakaat, itu adalah sedekah, dan setiap kali seseorang sholat enam rakaat, itu adalah sedekah. Setiap kali seseorang mengucapkan satu kalimat baik, itu adalah sedekah, dan setiap kali seseorang mengamalkan tuntunan sholatnya, itu adalah sedekah, dan dua rakaat yang dilakukan pada waktu Dhuha itu adalah cukup untuk menutup kebutuhan seluruh tubuh, dan setiap kali seseorang berhubungan badan dengan istrinya, itu juga adalah sedekah." (HR. Muslim)
Sholat Dhuha bisa menjadi amalan yang sangat bermanfaat dan bernilai pahala di sisi Allah SWT. Disarankan untuk melibatkan diri dalam amalan-amalan kebaikan seperti ini sebagai bentuk ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah.


Video Doa Setelah Dhuha

Tonton video doa setelah sholat dhuha untuk mempermudah dalam menghafal doanya.

Doa Setelah Dhuha MP3


Demikian Bacaan Doa Sesudah Sholat Dhuha Arab, Latin, dan Terjemahan, jika bermanfaat berikan bintang 5 pada kotak Donasi di bawah. Semoga menjadi amal jariah buat kita semua.

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.