🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Belajar Jualan Ala Alfamart Indomaret, Pedagang Kecil Wajib Tahu!

Belajar Jualan Ala Alfamart Indomaret, Pedagang Kecil Wajib Tahu!
Saifullah.id
 - Jika diperhatikan, Alfamart dan Indomaret selalu ramai dikunjungi oleh pembeli. Setiap menit selalu ada yang datang. Padahal yang mereka jual hampir sama dengan toko, warung kecil, atau pedagang kaki lima.

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya, apa sih yang membuat mereka laris manis? Bagi orang yang iri dengki pasti mikirnya itu karena pakai pesugihan. Tapi bagi orang yang berpendidikan sudah jelas itu semua bisa terjadi karena teknik marketing.

Apa itu teknik marketing?

Teknik marketing adalah cara memasarkan suatu produk dengan strategi terbaik demi memperoleh keuntungan sebesar-besarnya dengan memperhatikan berbagai aspek, mulai dari pemilihan lokasi, kenyamanan, kebersihan, psikologi pembeli, dan penyediaan barang yang menunjang tercapainya tujuan.

Nah, dari penjelasan di atas, saya akan memaparkan apa saja yang harus kita pikirkan ketika membangun sebuah warung agar banyak pembeli yang datang.

Cara Meningkatkan Jumlah Pelanggan

Untuk meningkatkan keuntungan barang dagangan, kita harus meningkatkan jumlah penjualan, sedangkan untuk meningkatkan jumlah penjualan, maka kita harus meningkatkan jumlah pelanggan yang datang, lalu bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini:

1. Buat Nama Toko

Belajar Jualan Dari Bisnis Alfamart dan Indomaret, Pedagang Kecil Wajib Tahu!
Pedagang kecil jarang memperhatikan ini. Nama Toko sejatinya cukup penting agar toko kamu mudah diingat, mudah dicari, dan mudah ditemukan. Hal ini bisa di sebut dengan Branding.

Banyak toko kecil yang tidak memiliki nama, sehingga ketika ada pelanggan tetap ingin bercerita ke temannya agak kesulitan mendeskripsikan toko tersebut.
Misal:
Temannya: Pak, kamu beli barang ini dimana?
Pelanggan: Saya beli di toko dekat persimpangan itu.
Temannya: Yang mana ya, kan di sana banyak toko.
Pelanggan: Itu yang nomor dua sebelah kanan setelah toko bangunan.
Berbeda halnya kalau toko sudah punya nama atau logo. Pasti akan jauh lebih mudah mendefinisikan toko kita ketika ada orang yang bertanya.
Misal:
Temannya: Bu, barang ini ibu beli dimana?
Pelanggan: Oh, itu saya beli di toko SaifulMart.
Temannya: Yang dipersimpangan itu ya.
Pelanggan: Iya, yang ada Banner warna biru.
Jadi, toko yang sudah punya Nama Brand sebaiknya memasang Spanduk atau Banner di depan toko, sehingga setiap kali orang lewat, toko tersebut bisa diingat terus dan bisa menjadi patokan lokasi untuk toko lainnya.


2. Buat Signboard

Belajar Jualan Dari Bisnis Alfamart dan Indomaret, Pedagang Kecil Wajib Tahu!
Signboard adalah plang tanda yang berfungsi agar posisi toko bisa dilihat dari jarak 100 meter. Sehingga pelanggan yang menggunakan kendaraan tidak mungkin kelewatan saat ingin berbelanja.

Tahukah kamu, kadang ada pelanggan yang malas putar balik ketika mereka melewati toko yang mereka cari. Signboard ini bisa meminimalisir kejadian tersebut.

Tapi perlu diingat, Signboard sendiri harus dipasang seideal mungkin agar tercapai tujuan pemasangannya.

Belajar Jualan Dari Bisnis Alfamart dan Indomaret, Pedagang Kecil Wajib Tahu!

Ada beberapa cara agar Signboard ini mendatangkan hasil yang maksimal, yaitu:
  1. Posisi
    Usahakan signboard diletakkan dipinggir jalan.
  2. Tampilan
    Gunakan warna yang mencolok dan memiliki lampu supaya kelihatan saat malam hari.
  3. Bentuk
    Bentuklah seperti bendera berkibar mirip Alfamart dan Indomaret karena hal ini membuat Signboard menjorok ke jalan dan mudah dilihat dari jauh.
  4. Tinggi
    Jangan membuat Signboard terlalu rendah, semakin tinggi Signboard maka semakin maksimal fungsinya.

3. Ramah Tamah

Belajar Jualan Dari Bisnis Alfamart dan Indomaret, Pedagang Kecil Wajib Tahu!
Ramah tamah saat melayani pelanggan sangat penting, karena pelanggan akan lebih senang dengan pedagang yang murah senyum, lembut, dan ramah dalam melayani.

Sedangkan penjual yang cemberut, berwajah datar, dan bermuka masam akan dijauhi oleh pembeli karena hal tersebut membuat perasaan mereka tidak nyaman.

4. Tampilan Toko

Belajar Jualan Dari Bisnis Alfamart dan Indomaret, Pedagang Kecil Wajib Tahu!
Toko yang baik adalah toko yang hampir semua barang jualannya terlihat dari jalan. Oleh sebab itu, penting untuk menggunakan dinding kaca di depan toko.

Jika toko kamu cukup kecil, seperti sebuah ruko, maka sebaiknya sebagian barang jualan dikeluarkan agar terlihat oleh orang yang lewat.

Bila perlu tulis sejelas mungkin list barang yang kamu jual di spanduk depan toko.

5. Sediakan Kursi Santai

Belajar Jualan Ala Alfamart Indomaret, Pedagang Kecil Wajib Tahu!
Hal sepele tapi bermanfaat untuk pembeli dan penjual adalah kursi tunggu. Kursi yang diletakkan di depan toko cukup membantu bagi mereka yang capek atau sedang menunggu pasangan berbelanja di dalam.

Kursi ini juga bisa dipakai untuk ngemil, makan, atau sekedar istirahat dari perjalanan jauh. Toko yang menyediakan kursi seperti ini akan mudah dipilih menjadi tempat belanja dibanding toko yang tidak punya kursi.

Selain itu, kursi seperti ini juga menjadi penarik orang lain berkunjung karena akan selalu terlihat ramai saat ada yang nongkrong di sana.

Ada banyak hal yang ingin saya sampaikan, tapi sangat sulit dijelaskan melalui tulisan. Oleh karena itu, selanjutnya mungkin akan saya jelaskan melalui channel YouTube saja.

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.