🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Terjemahan Teks The Enchanted Fish (Narrative Text) Bahasa Inggris Kelas 11

Terjemahan Teks Enchanted Fish Bahasa Inggris Halaman 117-119 Kelas 11
Saifullah.id
 - The Enchanted Fish artinya adalah Ikan yang Mempesona. Cerita ini termasuk ke dalam jenis teks naratif dalam bentuk dongeng. Kalian bisa menemukan cerita ini pada buku paket Bahasa Inggris Kelas XI (sebelas) SMA/SMK/MA/MAK Halaman 117-119.

The Enchanted Fish

(Ikan yang Mempesona)
There once was a fisherman who lived with his wife in a small hut close by the seaside. The fisherman used to go fishing every day. One day, as he sat in his boat with his rod, looking at the sparkling waves and watching his line, all of a sudden his float was dragged away deep into the water. He quickly started to reel in his line and managed to pull out a huge fish. “Wow! This will feed us for days.” Much to his surprise, the fish started to talk and said, “Pray, let me live! I am not a real fish; I am an enchanted prince. Put me in the water again, and let me go! Have mercy o' kind fisherman.” The astonished fisherman quickly threw him back, exclaiming, “I don't want to hurt a talking fish! Go on! Go where you came from.”

Alkisah ada seorang nelayan yang tinggal bersama istrinya di sebuah gubuk kecil di dekat pantai. Nelayan biasa pergi memancing setiap hari. Suatu hari, saat dia duduk di perahunya dengan tongkatnya, memandangi ombak yang berkilauan dan memperhatikan barisannya, tiba-tiba pelampungnya terseret jauh ke dalam air. Dia dengan cepat mulai menggulung tali pancingnya dan berhasil mengeluarkan seekor ikan besar. "Wow! Ini akan memberi kita makan selama berhari-hari.” Sangat mengejutkannya, ikan itu mulai berbicara dan berkata, “Berdoalah, biarkan aku hidup! Saya bukan ikan sungguhan; Saya seorang pangeran yang terkena sihir. Masukkan aku ke dalam air lagi, dan biarkan aku pergi! Kasihanilah nelayan yang baik hati.” Nelayan yang tercengang dengan cepat melemparkannya kembali, berseru, “Saya tidak ingin menyakiti ikan yang berbicara! Lanjutkan! Pergilah ke tempat asalmu.”

When the fisherman went home to his wife, he told her everything that had happened and how, on hearing it speak, he had let it go again. “Didn't you ask it for anything?” said the wife. “No, I didn't, what should I have asked for?” replied the fisherman.

Ketika nelayan itu pulang ke istrinya, dia menceritakan semua yang telah terjadi dan bagaimana, setelah mendengarnya berbicara, dia melepaskannya lagi. "Apakah kamu tidak meminta sesuatu?" kata sang istri. "Tidak, saya tidak, apa yang harus saya minta?" jawab nelayan itu.

“I am surprised you don't realize what you should have asked for. We live very wretchedly here, in this nasty dirty hut. We are poor and I am so miserable. You should have asked for a nice cozy cottage. Now go back and ask the fish that we want a snug little cottage”, said his wife.

“Saya terkejut Anda tidak menyadari apa yang seharusnya Anda minta. Kita hidup sangat menyedihkan di sini, di gubuk kotor yang menjijikkan ini. Kita miskin dan saya sangat menderita. Anda seharusnya meminta pondok nyaman yang bagus. Sekarang kembalilah dan tanyakan pada ikan bahwa kita menginginkan sebuah pondok kecil yang nyaman”, kata istrinya.

The fisherman wasn't sure about this but he still went to the seashore, sat in his boat, went to the middle of the sea and said:

Nelayan itu tidak yakin tentang hal ini tetapi dia tetap pergi ke pantai, duduk di perahunya, pergi ke tengah laut dan berkata:

“O enchanted beautiful fish!
Hear my plea!
My wife wants not what I want,
and she won't give up till she has her own will,
so come forth and help me!”

“O ikan cantik yang mempesona!
Dengarkan permohonan saya!
Istri saya tidak menginginkan apa yang saya inginkan,
dan dia tidak akan menyerah sampai dia memiliki keinginannya sendiri,
jadi majulah dan bantu aku!”

The fish immediately came swimming to him, and said, “Well, what is her will? How can I help your wife?” “Ah!” said the fisherman, “she says that when I had caught you, I ought to have asked you for something before I let you go. She does not like living in our little hut, and wants a snug little cottage.” “Go home, then,” said the fish, “She is already in the cottage!” So the fisherman went home, and saw his wife standing at the door of a nice trim little cottage. “Come in, come on in! Look at the beautiful cottage we have.” Everything went fine for a while, and then one day fisherman's wife said, “Husband, there is not enough room for us in this cottage, go back to the fish and tell him to make me an emperor.” “Wife,” said the fisherman, “I don't want to go to him again. Perhaps he will be angry. We ought to be happy with what the fish has given us and not be greedy.” “Nonsense!” said the wife; “The fish will do it very willingly, I know. Go along and try!” With a heavy heart the fisherman went to the middle of the sea and said:

Ikan itu segera datang berenang ke arahnya, dan berkata, “Nah, apa wasiatnya? Bagaimana saya bisa membantu istri Anda?” "Ah!" kata nelayan itu, “dia berkata bahwa ketika aku menangkapmu, aku seharusnya meminta sesuatu padamu sebelum aku melepaskanmu. Dia tidak suka tinggal di gubuk kecil kami, dan menginginkan gubuk kecil yang nyaman.” "Pulanglah, kalau begitu," kata ikan, "Dia sudah ada di pondok!" Jadi nelayan itu pulang ke rumah, dan melihat istrinya berdiri di depan pintu sebuah pondok kecil yang indah. “Masuk, ayo masuk! Lihatlah pondok indah yang kita miliki.” Semuanya berjalan baik-baik saja untuk sementara waktu, dan kemudian suatu hari istri nelayan berkata, "Suamiku, tidak ada cukup ruang untuk kita di pondok ini, kembalilah ke ikan dan katakan padanya untuk menjadikanku seorang kaisar." “Istri,” kata nelayan itu, “Saya tidak ingin pergi kepadanya lagi. Mungkin dia akan marah. Kita harus bahagia dengan apa yang diberikan ikan kepada kita dan tidak serakah.” "Omong kosong!" kata istri; “Ikan akan melakukannya dengan sangat rela, saya tahu. Pergilah dan coba!” Dengan berat hati nelayan itu pergi ke tengah laut dan berkata:

“O enchanted beautiful fish!
Hear my plea!
My wife wants not what I want,
and she won't give up till she has her own will,
so come forth and help me!”

“O ikan cantik yang mempesona!
Dengarkan permohonan saya!
Istri saya tidak menginginkan apa yang saya inginkan,
dan dia tidak akan menyerah sampai dia memiliki keinginannya sendiri,
jadi majulah dan bantu aku!”

“What would she have now?” said the fish. “Ah!” said the fisherman, “she wants to be an emperor.” “Go home,” said the fish; “She is an emperor already.”

“Apa yang akan dia miliki sekarang?” kata ikan. "Ah!" kata nelayan, "dia ingin menjadi seorang kaisar." “Pulanglah,” kata ikan itu; "Dia sudah menjadi kaisar."

So he went home and he saw his wife sitting on a very lofty throne made of solid gold, with a great crown on her head full two yards high. And on each side of her stood her guards and attendants in a row. The fisherman went up to her and said, “Wife, are you an emperor?” “Yes”, said she, “I am an emperor.” “Ah!” said the man, as he gazed upon her, “What a fine thing it is to be an emperor!” “Husband,” said she, “it is good to be an emperor.” They were happy for a while.

Jadi dia pulang ke rumah dan dia melihat istrinya duduk di singgasana yang sangat tinggi yang terbuat dari emas murni, dengan mahkota besar di kepalanya setinggi dua meter. Dan di setiap sisinya berdiri penjaga dan pelayannya berjajar. Nelayan itu mendekatinya dan berkata, "Istri, apakah Anda seorang kaisar?" "Ya", katanya, "Saya seorang kaisar." "Ah!" kata pria itu, sambil menatapnya, "Sungguh menyenangkan menjadi seorang kaisar!" "Suami," katanya, "menjadi kaisar adalah hal yang baik." Mereka bahagia untuk sementara waktu.

Then a time came when she was not able to sleep all night for she was thinking what she should ask next. At last, as she was about to fall asleep, morning broke, and the sun rose. “Ha!'” thought she, as she woke up and looked at it through the window, “after all I cannot prevent the sun from rising.” At this thought she was very angry, and wakened her husband, and said, “Husband, go to the fish and tell him I must be Lord of the sun and the moon.” The fisherman was half asleep, but the thought frightened him so much that he fell out of the bed. “Alas, wife!” said he, “cannot you be happy with being such a  powerful emperor?” “No,” said she, “I am very uneasy as long as the sun and the moon rise without my permission. Go to the fish at once!” “I don't think this is a good idea,” said the fisherman but his wife wouldn't listen to him. “ Why don't you just go and ask the fish to make me the Lord of everything,” she said.

Kemudian tiba saatnya ketika dia tidak bisa tidur sepanjang malam karena dia memikirkan apa yang harus dia tanyakan selanjutnya. Akhirnya, saat dia akan tertidur, pagi tiba, dan matahari terbit. “Ha!'” pikirnya, saat dia bangun dan melihatnya melalui jendela, “bagaimanapun juga aku tidak bisa mencegah matahari terbit.” Pada pemikiran ini dia sangat marah, dan membangunkan suaminya, dan berkata, "Suamiku, pergilah ke ikan dan katakan padanya aku harus menjadi Penguasa matahari dan bulan." Nelayan itu setengah tertidur, tetapi pikiran itu sangat membuatnya takut sehingga dia jatuh dari tempat tidur. “Aduh, istri!” katanya, "tidak bisakah kamu senang menjadi kaisar yang begitu kuat?" “Tidak,” katanya, “Saya sangat gelisah selama matahari dan bulan terbit tanpa izin saya. Pergi ke ikan segera! ” “Saya rasa ini bukan ide yang bagus,” kata nelayan itu tetapi istrinya tidak mau mendengarkannya. “Mengapa kamu tidak pergi dan meminta ikan untuk menjadikanku Tuhan dari segalanya,” katanya.

Then the man went shivering with fear. As he was going down to the shore a dreadful storm arose. The trees and the very rocks shook and the sky became black with stormy clouds. There were great black waves, swelling up like mountains with crowns of white foam upon their heads. Unfortunately the fisherman did not have any choice, so he got onto his boat and rowed to the middle of the sea and cried out as loud as he could:

Kemudian pria itu menggigil ketakutan. Saat dia akan turun ke pantai, badai yang mengerikan muncul. Pepohonan dan bebatuan berguncang dan langit menjadi hitam karena awan badai. Ada gelombang hitam besar, membengkak seperti gunung dengan mahkota busa putih di atas kepala mereka. Sayangnya nelayan itu tidak punya pilihan, jadi dia naik ke perahunya dan mendayung ke tengah laut dan berteriak sekeras yang dia bisa:

“O enchanted beautiful fish!
Hear my plea!
My wife wants not what I want,
and she won't give up till she has her own will,
so come forth and help me!”

“O ikan cantik yang mempesona!
Dengarkan permohonan saya!
Istri saya tidak menginginkan apa yang saya inginkan,
dan dia tidak akan menyerah sampai dia memiliki keinginannya sendiri,
jadi majulah dan bantu aku!”

“What does she want now?” said the fish. “I am truly ashamed of my wife's greed but I can't do anything. She wants to be Lord of the sun and the moon. “Go home,” said the fish, “to your small hut.” And it is said that they live there to this very day.

"Apa yang dia inginkan sekarang?" kata ikan. “Saya benar-benar malu dengan keserakahan istri saya, tetapi saya tidak bisa berbuat apa-apa. Dia ingin menjadi Penguasa matahari dan bulan. “Pulanglah,” kata ikan, “ke gubuk kecilmu.” Dan dikatakan bahwa mereka tinggal di sana sampai hari ini.
Terjemahan Teks Enchanted Fish Bahasa Inggris Halaman 117-119 Kelas 11

Moral Value The Enchanted Fish

There are two moral values of The Enchanted Fish:
1. Don't be greedy for something
2. We must be grateful for what we already have
Ada dua nilai moral The Enchanted Fish:
1. Jangan berperilaku serakah terhadap sesuatu
2. Kita harus mensyukuri apa yang telah dimiliki

Question and Answer of The Enchanted Fish

Soal dan kunci jawaban teks ceritita Ikan yang Mempesona
  1. Did the fisherman like asking the fish for wishes? How did he feel about it? Do you think he could have done something else instead of going back to the fish again and again?
    Answer: Yes, he did, but he did not like it. No, he could not.
    Apakah nelayan suka meminta ikan untuk mengabulkan keinginannya? Bagaimana perasaannya tentang hal itu? Apakah Anda pikir dia bisa melakukan sesuatu yang lain daripada kembali ke ikan lagi dan lagi?
    Jawaban: Ya, dia melakukannya, tapi dia tidak menyukainya. Tidak, dia tidak bisa.

  2. The story doesn't reveal how the prince was turned into a fish. What do you think might have happened?
    Answer: I think that a witch cursed him into the fish.
    Cerita tidak mengungkapkan bagaimana sang pangeran berubah menjadi ikan. Menurut Anda apa yang mungkin terjadi?
    Jawaban: Saya pikir seorang penyihir mengutuk dia menjadi ikan.

  3. Do you think the prince will stay a fish forever?
    Answer: No, I do not. I think he will meet someone who will turn him back into a human
    Apakah Anda pikir pangeran akan tetap menjadi ikan selamanya?
    Jawaban: Tidak. Saya pikir dia akan bertemu seseorang yang akan mengubahkanya kembali menjadi manusia.

  4. What happened at the end of the story? Please describe?
    Answer: At the end of the story the fisherman and his wife were poor again, because she was very greedy.
    Apa yang terjadi di akhir cerita? Tolong jelaskan?
    Jawaban: Di akhir cerita nelayan dan istrinya miskin lagi, karena dia sangat rakus.

  5. Why did the fisherman's wife keep asking her husband to go back to the fish?
    Answer: Because she never felt satisfied.
    Mengapa istri nelayan terus meminta suaminya untuk kembali mencari ikan?
    Jawaban: Karena dia tidak pernah merasa puas.

  6. What do you think of fisherman's wife? Do you feel sorry for her? Or do you feel angry with her? Discuss.
    Answer: I think she is very greedy, I feel angry with her because she never satiesfied.
    Apa pendapat Anda tentang istri nelayan? Apakah Anda merasa kasihan padanya? Atau apakah Anda merasa marah padanya? Diskusikan.
    Jawaban: Saya pikir dia sangat serakah, saya merasa marah padanya karena dia tidak pernah puas.

  7. If you had a chance to rewrite the story, how would the story end? Write your ending of the story.
    Answer: At the end of the story after his wife becomes emperor, I will make his wife stop asking for anything else and feel grateful for what she has now. So that they live happily and do not return to poverty.
    Jika Anda memiliki kesempatan untuk menulis ulang cerita, bagaimana cerita akan berakhir? Tulis akhir cerita Anda.
    Jawaban: Di akhir cerita setelah istrinya menjadi kaisar, saya akan membuat istrinya berhenti meminta yang lain dan merasa bersyukur atas apa yang sudah dimilikinya sekarang. Sehingga mereka hidup bahagia dan tidak kembali menjadi miskin.

  8. Imagine you are the fish in the story. Can you narrate the story from his point of view?
    Answer: Yes, I can.
    Bayangkan Anda adalah ikan dalam cerita. Bisakah Anda menceritakan kisah itu dari sudut pandangnya?
    Jawab: Ya, saya bisa

  9. What lesson did you learn from this story?
    Answer: Do not be greedy person.
    Pelajaran apa yang kamu petik dari cerita ini?
    Jawaban: Jangan jadi orang yang serakah

Selain pembahasan di atas, kalian bisa menemukan pembahasan lainnya dengan menekan tombol berikut:
Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 Kelas 10 Kelas 11 Kelas 12

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.