🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

SeaBank VS Bank Jago, Mana Yang Lebih Bagus?

SeaBank VS Bank Jago, Mana Yang Lebih Bagus?
Pertanyaan:
Bang sekarang ini kan banyak sekali Bank Digital yang bermunculan, menurut abang, Bank Digital manakah yang terbaik antara SeaBank dan Bank Jago? Saya ingin buka rekening tabungan tapi bingung harus pilih Bank yang mana. 


Jawaban: Terima kasih atas pertanyaannya, kebetulan sekali beberapa bulan lalu saya sudah menggunakan kedua Bank tersebut, jadi saya sudah merasakan sendiri perbedaan keduanya.

Sebelum saya jawab lebih panjang, saya disclaimer dulu, bahwa apa yang saya uraikan nanti tidak bermaksud menjelekkan atau meninggikan salah satu produk.

Jawaban saya murni untuk pengetahuan saja berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri tanpa ada yang meng-endorse atau membayar saya untuk memuji salah satu produk.

****

Kreteria Penilaian

Ada beberapa kreteria yang saya gunakan untuk membandingkan antara SeaBank dan Bank Jago, diantaranya:

1. Rating Bintang Playstore

Sebelum menggunakan suatu aplikasi, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ulasan pengguna / nasabah / pelanggan.

Ulasan orang yang lebih dulu menggunakan aplikasi ini sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan, karena kalau ada masalah, pasti mereka akan mengeluh, melapor, dan memberikan ulasan negatif.

Kalau dilihat dari Rating di Google Playstore, SeaBank memiliki rating yang lebih bagus dibanding Bank Jago. Dimana SeaBank meraih nilai 4.6⭐, sedangkan Bank Jago 4.0⭐

Lalu untuk ulasan pelanggan juga terlihat jelas bahwa yang mendapatkan banyak keluhan negatif adalah aplikasi Bank Jago.


2. Pendaftaran

Pendaftaran akun baru di SeaBank lebih mudah dan cepat, saya hanya perlu mengirim foto KTP, foto Selfie tanpa KTP, nomor HP, alamat Email, dan membuat Password. Bisa juga langsung menghubungkannya ke akun Shopee yang kita punya.

Pendaftaran di Bank Jago lumayan Ribet karena lebih banyak persyaratannya, mulai dari foto KTP, foto Selfie dengan KTP, nomor HP, email, password, dan Video Call.


3. Fitur & User Interface

Menurut saya, dari segi fitur dan tampilan, SeaBank lebih unggul dibanding Bank Jago, alasannya:
  1. SeaBank
    • Simpel
    • Berizin OJK
    • Mudah dipahami
    • Transfer gratis tanpa biaya admin sepuasnya
    • Tidak banyak Menu tapi semua informasi yang dibutuhkan bisa dilihat dalam satu layar
    • Ada tempat khusus untuk info total Bunga dan persentase mirip aplikasi Bibit, selalu update setiap hari
    • Info rekening, history transaksi, fitur transfer, dan profil sangat mudah di akses
  2. Bank Jago
    • Berizin OJK
    • Tampilan UI terlihat keren dan modern
    • Transfer gratis tanpa biaya admin cuma 25 kali setiap bulan
    • Terlalu banyak menu yang harus dibuka jika ingin menggunakannya
    • Mau cek nomor rekening harus buka beberapa menu
    • Mau cek riwayat transaksi harus buka menu lagi
    • Tidak ada informasi total bunga yang diterima karena mereka ngasih bunga cuma 1 bulan sekali
    • Terkesan kurang praktis saat digunakan dan agak membingungkan untuk pengguna baru

4. Bugs / Kelemahan

Sejauh ini saya belum menemukan Bugs pada aplikasi SeaBank, sementara kalau pakai Bank Jago, saya sering mengalami masalah transfer.

Seringkali transfer tidak tercatat dimutasi, pending, bahkan pernah tidak masuk ke nomor tujuan padahal saldo terpotong. Hal ini pernah saya jelaskan di postingan sebelumnya yang berjudul Hati-Hati Nabung di Bank Jago! Uang Hilang & Pelayanan CS Buruk


5. Pelayanan CS

Selama ini alhamdulillah belum menemukan kendala pada aplikasi SeaBank, dan mudah-mudahan tidak pernah terjadi sama sekali. Jadi saya belum pernah menghubungi CS SeaBank untuk meminta bantuan.

Sedangkan di Bank Jago, saya sudah pernah menghubungi CS via telpon, via Email, dan via Instagram. Pelayanannya sangat buruk karena setelah ditelpon malah di suruh komplain via Email.

Parahnya saat di email, mereka tidak memberikan jawaban yang memuaskan, dan masalah yang kita keluhkan tidak terpecahkan sama sekali yang berujung saya harus mengikhlaskan uang saya hangus ratusan ribu.


Kesimpulan

Dari kelima kreteria di atas, saya rasa SeaBank lebih unggul dalam segala hal, baik dari segi kualitas, fitur, dan layanan.

Setiap orang boleh berpendapat berbeda dari saya. Itu tidak dilarang, selama pendapat yang diberikan sesuai dengan pengalaman yang dialami langsung.

Tapi bagi saya yang berkecimpung di bisnis online, saya lebih merekomendasikan SeaBank untuk kebutuhan menabung dan transfer. Selain simpel, mudah, praktis, cepat, juga aman.

Jika kalian suka dengan postingan tentang perbandingan antara dua produk yang berbeda seperti ini, kalian boleh request perbandingan yang lain di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.