🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Cara Pasang Fitur Reading Time (Minutes Read) di Blogger

Cara Pasang Fitur Reading Time (Minutes Read) di Blogger
Tugasiswa.comMungkin sebagian dari Anda pernah menemui beberapa blog atau situs web yang menggunakan fitur Reading Time di halaman-halaman mereka. 

Umumnya, fitur ini muncul di bawah judul postingan, baik itu di halaman utama blog atau halaman postingan individual. 

Biasanya, fitur Reading Time ini terletak di sebelah profil admin dan menunjukkan estimasi waktu baca, misalnya 3 Menit Membaca. 

Angkanya dapat bervariasi mulai dari 1 hingga angka lainnya, tergantung pada perkiraan waktu yang diberikan.

Pertama kali saya melihat fitur ini, saya mengira bahwa tujuannya adalah untuk menunjukkan kapan artikel tersebut terakhir dibaca oleh pengunjung dalam beberapa menit terakhir. 

Namun, ternyata pemahaman saya salah. Fitur Reading Time sebenarnya dirancang untuk menampilkan perkiraan atau rata-rata waktu yang dibutuhkan oleh pembaca untuk membaca artikel tersebut. 

Dengan memasang fitur ini, harapannya adalah pembaca akan lebih terdorong untuk menghabiskan lebih banyak waktu dalam membaca artikel.

Jika pengunjung meluangkan waktu lebih lama untuk membaca postingan, ini dapat memberikan dampak positif dengan mengurangi tingkat bounce rate blog kita. 

Selain itu, keberadaan fitur ini juga dapat meningkatkan daya tarik visual blog, membuat pengunjung betah untuk menjelajah dan membaca lebih banyak artikel. 

Semakin populer blog kita dan semakin banyak kunjungan, maka manfaat yang dapat kita peroleh akan semakin besar.


Cara Menebalkan Judul Widget

Font Weight / Ketebalan Judul widget template Plus UI 2.6.2 dapat mempengaruhi tingkat fokus pengunjung blog, begini cara menebalkannya:
  1. Buka Dashboard Blogger
  2. Klik Tema
  3. Tekan icon Segitiga Terbalik
  4. Pilih Edit HTML
    Cara Tebalkan dan Besarkan Judul Widget Plus UI 2.6.2

  5. Cari kode ]]></b:skin> atau </style>
  6. Letakkan kode berikut di atasnya
    span.right {text-transform:uppercase;float:right;display:inline-block;padding:10px 5px;}
  7. Lalu cari kode </body>
  8. Copy-Paste kode berikut di atasnya
    <script type='text/javascript'>
    //<![CDATA[
    // Reading Time Author: Michael Lynch http://michaelynch.com Licensed under the MIT license
    !function(e){e.fn.readingTime=function(n){var t={readingTimeTarget:".eta",wordCountTarget:null,wordsPerMinute:270,round:!0,lang:"en",lessThanAMinuteString:"",prependTimeString:"",prependWordString:"",remotePath:null,remoteTarget:null,success:function(){},error:function(){}},i=this,r=e(this);i.settings=e.extend({},t,n);var a=i.settings;if(!this.length)return a.error.call(this),this;if("it"==a.lang)var s=a.lessThanAMinuteString||"Meno di un minuto",l="min";else if("fr"==a.lang)var s=a.lessThanAMinuteString||"Moins d'une minute",l="min";else if("de"==a.lang)var s=a.lessThanAMinuteString||"Weniger als eine Minute",l="min";else if("es"==a.lang)var s=a.lessThanAMinuteString||"Menos de un minuto",l="min";else if("nl"==a.lang)var s=a.lessThanAMinuteString||"Minder dan een minuut",l="min";else if("sk"==a.lang)var s=a.lessThanAMinuteString||"Menej než minútu",l="min";else if("cz"==a.lang)var s=a.lessThanAMinuteString||"Méně než minutu",l="min";else if("hu"==a.lang)var s=a.lessThanAMinuteString||"Kevesebb mint egy perc",l="perc";else var s=a.lessThanAMinuteString||"Less than a minute",l="min";var u=function(n){if(""!==n){var t=n.trim().split(/\s+/g).length,i=a.wordsPerMinute/60,r=t/i;if(a.round===!0)var u=Math.round(r/60);else var u=Math.floor(r/60);var g=Math.round(r-60*u);if(a.round===!0)u>0?e(a.readingTimeTarget).text(a.prependTimeString+u+" "+l):e(a.readingTimeTarget).text(a.prependTimeString+s);else{var o=u+":"+g;e(a.readingTimeTarget).text(a.prependTimeString+o)}""!==a.wordCountTarget&&void 0!==a.wordCountTarget&&e(a.wordCountTarget).text(a.prependWordString+t),a.success.call(this)}else a.error.call(this,"The element is empty.")};r.each(function(){null!=a.remotePath&&null!=a.remoteTarget?e.get(a.remotePath,function(n){u(e("<div>").html(n).find(a.remoteTarget).text())}):u(r.text())})}}(jQuery);
    $(function(){$('.post-body').readingTime();});
    //]]>
    </script>
  9. Terakhir letakkan kode berikut tepat di bawah  fitur Nama Penulis (Post Author) atau Tanggal Postingan (Post Info)
    <span class='right'><svg style="width:24px;height:24px" viewBox="0 0 24 24">
        <path fill="currentColor" d="M12 20C16.4 20 20 16.4 20 12S16.4 4 12 4 4 7.6 4 12 7.6 20 12 20M12 2C17.5 2 22 6.5 22 12S17.5 22 12 22C6.5 22 2 17.5 2 12C2 6.5 6.5 2 12 2M12.5 7V13H7V11.5H11V7H12.5Z" />
    </svg> <span class='eta'/> Read</span>
  10. Keterangan:
    width:24px;height:24px = ubah ukuran icon
    Read = bisa diganti dengan kata lain
  11. Simpan Tema
  12. Selesai


Demikian Cara Pasang Fitur Reading Time (Minutes Read) di Blogger, jika berhasil berikan bintang 5 pada kotak Donasi di bawah. Semoga bermanfaat.

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.