🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News
Postingan

Cara Mengatasi Sitemap Tidak Menemukan Halaman

Cara Mengatasi Sitemap Tidak Menemukan Halaman
Tugasiswa.comSitemap di Blogger adalah daftar halaman web atau postingan yang ada di blog kita. Sitemap ini membantu mesin pencari seperti Google dan Bing untuk mengindeks konten blog kita dengan lebih baik. 

Dengan memiliki sitemap, kita memberikan informasi kepada mesin pencari tentang struktur dan isi blog kita, sehingga mereka dapat lebih efisien mengindeks halaman-halaman tersebut.

Blogger secara otomatis membuat sitemap untuk setiap blog yang dibuat di platformnya. Sitemap ini biasanya dapat diakses dengan menambahkan "/atom.xml" atau "/sitemap.xml" ke akhir URL blog kita.

Sebagai contoh, jika alamat blog kita adalah "contoh.blogspot.com", kita dapat mengakses sitemap dengan mengunjungi "contoh.blogspot.com/atom.xml" atau "contoh.blogspot.com/sitemap.xml".

kita juga dapat memberikan sitemap blog kita ke mesin pencari seperti Google Webmaster Tools (sekarang dikenal sebagai Google Search Console) atau Bing Webmaster Tools.

Dengan demikian, kita dapat memantau kinerja indeksasi blog kita dan memastikan bahwa konten kita terindeks dengan baik oleh mesin pencari.

Penting untuk memastikan bahwa sitemap blog kita selalu diperbarui setiap kali kita menambahkan atau menghapus postingan atau halaman baru, sehingga mesin pencari memiliki informasi terbaru tentang konten kita.

Blogger biasanya mengelola ini secara otomatis, tetapi penting untuk memahami konsep dasar sitemap untuk pengoptimalan SEO blog kita.

Masalah Pada Sitemap Blog

Ada beberapa masalah umum yang dapat terjadi pada sitemaps, terutama saat membuat dan mengelola sitemap untuk situs web atau blog Anda. Beberapa masalah yang sering terjadi pada sitemap termasuk:

1. Sitemap Tidak Ada atau Tidak Terbaca

Salah satu masalah utama adalah ketika sitemap tidak ada atau tidak dapat diakses oleh mesin pencari. Biasanya halaman yang ditemukan berjumlah nol (0) atau tidak sesuai dengan jumlah artikel yang diblog.

2. Sitemap Rusak atau Tidak Valid

Sitemap harus mematuhi standar protokol XML, dan jika ada kesalahan dalam sintaks atau strukturnya, sitemap dapat dianggap tidak valid.

3. URL yang Salah

Seringkali, sitemap bisa mencakup URL yang salah, seperti halaman yang tidak boleh diindeks atau URL yang tidak ada lagi. Ini dapat menyebabkan masalah dengan indeksasi oleh mesin pencari.

4. Perubahan Struktur Situs

Jika Anda sering mengubah struktur situs atau URL blog Anda, sitemap mungkin perlu diperbarui secara berkala untuk mencerminkan perubahan tersebut.

5. Keterlambatan dalam Pembaruan

Sitemap harus diperbarui secara berkala untuk mencerminkan konten terbaru di situs Anda. Jika sitemap tidak diperbarui dengan tepat, mesin pencari mungkin tidak mengindeks konten baru Anda.

6. Tautan Rusak

Sitemap harus berisi tautan yang valid dan berfungsi dengan baik. Jika ada tautan yang rusak dalam sitemap, mesin pencari mungkin mengalami kesulitan mengindeks situs Anda.

7. Sitemap Terlalu Besar

Jika sitemap Anda terlalu besar, ini dapat menyulitkan mesin pencari untuk mengindeks seluruhnya. Pastikan sitemap tetap dalam batasan yang diterima oleh mesin pencari.

8. Ketersediaan Server

Jika server tempat sitemap di-host mengalami masalah ketersediaan, sitemap mungkin tidak dapat diakses oleh mesin pencari.

Cara Mengatasi Sitemap Bermasalah

Kedelapan masalah di atas bisa di atasi dengan menuliskan sitemap blog yang benar dan lengkap pada Google Search Console. Adapun penulisan sitemap yang benar adalah sebagai berikut:

Untuk Postingan Biasa (Post)

https://namablog.blogspot.com/sitemap.xml 
https://namablog.blogspot.com/feeds/comments/default?alt=rss

Untuk Postingan Halaman Static (Page)

https://namablog.blogspot.com/sitemap-pages.xml

Untuk Blog Besar (Postingan di atas 800 artikel)

https://namablog.blogspot.com/sitemap.xml?page=1
https://namablog.blogspot.com/sitemap.xml?page=2

Jika artikel kamu di atas 2000 artikel, kamu bisa menambahkan page=3, page=4, dan seterusnya.

Demikian cara menuliskan sitemap yang benar pada blogger. Jika artikel ini bermanfaat dan bisa menyelsaikan masalah kamu, jangan lupa kasih bintang 5 pada kotak donasi ya. 

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.