🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Cara Ganti Domain Tanpa Kehilangan Adsense

Cara Ganti Domain Tanpa Kehilangan Adsense
Beberapa waktu yang lalu saya mengganti domain www.saifullah.id menjadi www.tugasiswa.com, hal ini saya lakukan secara terpaksa karena keadaan. Namun, banyak yang bertanya, bagaimana caranya setelah ganti domain kok Adsense nya tetap ada?

Jadi, mengganti domain sebetulnya tidak semudah mengganti judul blog. Mengganti domain sama saja mengganti identitas dan hal ini akan berdampak pada banyak hal terutama pada akun Google Adsense.

Harus Dilakukan Sebelum Ganti Domain

Ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum mengganti domain, diantanya:

1. Membuat Blog Baru

Sangat penting bagi seorang blogger memiliki blog lebih dari satu, hal ini bertujuan untuk backup atau cadangan jika sesuatu buruk terjadi pada blog utama. Jadi, buatlah Blog baru yang templatenya sudah tertata rapi.

2. Mengisi Postingan di Blog Baru

Blog yang sudah dibuat harus di isi dengan artikel secara rutin agar mulai di index oleh mesin pencarian google. Minimal sudah di daftarkan di Google Search Console.

3. Mengalihkan Pengunjung ke Blog Baru 

Tidak bisa dipungkiri, untuk mendapatkan pengunjung dalam waktu singkat sangat butuh usaha. Namun bagaimana jika kita tidak punya waktu yang banyak untuk membangun blog baru tersebut?

Jalan satu-satunya adalah dengan mengalihkan trafik dari blog utama ke blog baru. Pengalihan tersebut harus dilakukan secara manual agar blog utama tetap berjalan dan blog baru mendapatkan dampak positif.

Adapun cara mengalihkan pengunjung dari blog lama ke blog baru untuk mendapatkan trafik dalam waktu singkat adalah sebagai berikut:
  1. Cari Postingan Yang Populer
    Temukan postingan yang banyak dibaca oleh pengunjung blog. Supaya lebih simpel, kita bisa melihat Widget Popular Post atau statistik di Dashboard Blog maupun di Google Analytic.

  2. Edit Postingan Teratas sampai Terbawah
    Setelah melihat Widget Popular Post, buka Dashboard Blogger, lalu cari judul artikel peringkat pertama di Popular Post, kemudian Edit postingan.

  3. Bagi Artikel Menjadi Dua
    Saat mengedit postingan, cari bagian tengah artikel. Atas artikel sampai tengah artikel di biarkan saja. Kemudian dari tengah artikel sampai bawah artikel kita potong dan pindah ke blog yang baru.

  4. Posting Artikel di Blog Baru
    Artikel yang sudah kita potong tadi kita posting dengan judul yang sama di blog baru. Setelah di Publikasikan, salin linknya.

  5. Tambahkan Tombol Baca Selengkapnya di Blog Lama
    Tambahkan tombol Baca Selengkapnya di akhir artikel blog lama, dan masukkan link postingan yang sudah kita salin dari blog baru tadi ke dalam tombolnya.

3. Membeli Domain Baru

Agar mudah diterima di Google Adsense, kita harus menggunakan Domail TLD (Top Level Domain), domain tersebut kita pasang di blog baru yang sudah dibuat.

4. Tunggu Pengunjung Stabil

Setelah blog baru menggunakan domain baru, tunggu pengunjung stabil setiap hari masuk ke blog baru yang berasal dari blog lama yang sudah kita Redirect secara manual tadi.

5. Daftarkan ke Google Adsense

Tambahkan domain baru tadi ke Google Adsense dengan menggunakan tombol Add Site.

6. Domain Diterima

Blog yang sudah memiliki rekam jejak bagus dari segi tampilan, jumlah Pageviews atau pengunjung, dan tidak memiliki konten yang melanggar akan cepat diterima oleh Adsense.

7. Ubah Domain

Setelah domain baru diterima di Adsense, maka domain lama yang ada di blog lama sudah bisa kita ganti dengan domain baru. Jadi, setelah ganti domain ini Adsense kita tetap aman tanpa ada jeda terputus dari layanan Adsense.

Kesimpulan

Sebelum mengganti domain baru, ada hal yang harus kita persiapkan jauh-jauh hari agar tidak ada satu haripun iklan kita terjeda dari website yang kita punya.

Artinya, segala hal harus kita persiapkan dan rencanakan dengan matang, termasuk dalam hal ngeblog.

Akhir kata, jangan jadi Blogger yang asal posting, asal pilih template, asal pilih domain, dan asal-asalan dalam segalanya kalau ingin sukses di dunia Blogging.

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

2 komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
  1. Artinya saya harus buat web serupa namun beda domain?? Stelah itu saya upload ulang postingan diweb lama ke web baru?? Apa tidak kena copyright mas?? Deteksi plagiat gimana?? Apa kita perlu transfer domin di cloudflare
  2. mas, buatkan tutorial cara mengubah ukuran image slide menjadi 1:1 px pada plus ui ya 😋
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.