🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Kunci Jawaban Bahasa Inggris Opening Statement Halaman 107 Kelas 11 SMA

 Kunci Jawaban Bahasa Inggris Halaman 107 Kelas 11

Pembahasan soal kita kali ini bisa di cek pada buku paket Bahasa Inggris Kelas XI (sebelas) SMA / SMK / MA / MAK Revisi 2017 Kurikulum 2013 Halaman 107.


C. Let's Practice

The opening statement of a phenomenon is given below. Use the format of an explanation text to complete it.
C. Ayo Praktek
Pernyataan pembuka dari suatu fenomena diberikan di bawah ini. Gunakan format teks eksplanasi untuk melengkapinya.

Opening statement

Have you ever wondered how rain is formed? Rain is nothing but droplets of water from the air.
Pernyataan pembukaan
Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana hujan terbentuk? Hujan tidak lain adalah tetesan air dari udara.

Penjelasan

Berdasarkan soal di atas, kita diminta untuk membuat Explanation Text berdasarkan Opening Statement yang sudah di sediakan. Seperti yang sudah kita bahas pada materi sebelumnya di halaman 106,  Explanation Text terdiri dari beberapa Explanation Sequences, dimana disetiap Sequences terdapat Technical Terms (istilah teknis), Action Verbs (kata kerja tindakan), Conjunction (kata penghubung) dan Technical Language (bahasa teknis).


Kunci Jawaban

Jawaban Versi 1

Have you ever wondered how rain is formed? Rain is nothing but droplets of water from the air.

    The process of rain is actually a phenomenon of a water cycle. The cycle starts when the sun is heating the water from river and ocean. After the heating process, the water rises up to the air which is called evaporation. All of the water that rises up to the air becomes droplets and combines with other particles in the sky to form a cloud. That process is called condensation. 

    After the condensation process, the cloud will be so heavy and it can't hold its weight anymore. The cloud then falls in the form of rain, snow, or hail. Then, the water falls to the ground, ocean, and river again. 

    In fact, the process of water cycle will always happen. The water will evaporate to the air, become clouds than fall to the ground again.

Terjemahan
Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana hujan terbentuk? Hujan tidak lain adalah tetesan air dari udara.

     Proses terjadinya hujan sebenarnya merupakan fenomena siklus air. Siklus dimulai ketika matahari memanaskan air dari sungai dan laut. Setelah proses pemanasan, air naik ke udara yang disebut penguapan. Semua air yang naik ke udara menjadi tetesan dan bergabung dengan partikel lain di langit untuk membentuk awan. Proses itu disebut kondensasi.

     Setelah proses kondensasi, awan akan menjadi sangat berat dan tidak dapat menahan beratnya lagi. Awan tersebut kemudian jatuh dalam bentuk hujan, salju, atau hujan es. Kemudian, air jatuh ke tanah, laut, dan sungai lagi.

     Padahal, proses siklus air akan selalu terjadi. Air akan menguap ke udara, menjadi awan lalu jatuh ke tanah lagi.

Jawaban Versi 2

Have you ever wondered how rain is formed? Rain is nothing but droplets of water from the air.

Rain is one of the main sources of fresh water for almost all people in the world. It provides suitable conditions for diverse ecosystems. It is also used as hydroelectric power plants and crop irrigation. But, do you know how rain happens?

The rain’s phenomenon is actually what we often call as “water circle.” The concept of the water cycle involves the sun heating the Earth’s surface water and causing the surface water to evaporate. Then the water vapor rises into the Earth’s atmosphere.

The water in the atmosphere cools and condenses into liquid droplets. The droplets grow bigger and heavier and fall to the Earth as precipitation.

However, not all rain can reach the surface of the earth. Some evaporates while failing through dry air. This is what we call as “Virga”, a phenomenon which is often seen in hot, dry desert regions.

Terjemahan
Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana hujan terbentuk? Hujan tidak lain adalah tetesan air dari udara.

Hujan merupakan salah satu sumber utama air tawar bagi hampir semua orang di dunia. Ini menyediakan kondisi yang cocok untuk ekosistem yang beragam. Ini juga digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air dan irigasi tanaman. Tapi, tahukah Anda bagaimana hujan bisa terjadi?

Fenomena hujan sebenarnya sering kita sebut dengan “lingkaran air”. Konsep siklus air melibatkan matahari memanaskan air permukaan bumi dan menyebabkan air permukaan menguap. Kemudian uap air naik ke atmosfer bumi.

Air di atmosfer mendingin dan mengembun menjadi tetesan cair. Tetesan tumbuh lebih besar dan lebih berat dan jatuh ke Bumi sebagai presipitasi.

Namun, tidak semua hujan dapat mencapai permukaan bumi. Beberapa menguap saat gagal melalui udara kering. Inilah yang kami sebut sebagai “Virga”, sebuah fenomena yang sering terlihat di daerah gurun yang panas dan kering.

Selain pembahasan di atas, kalian bisa menemukan pembahasan lainnya dengan menekan tombol berikut:
Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 Kelas 10 Kelas 11 Kelas 12

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.