🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kegiatan 3 Halaman 21 Kelas 10

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kegiatan 3 Halaman 21 Kelas 10
Saifulah.id
 - Pembahasan soal kita kali ini bisa di cek pada buku paket Bahasa Indonesia Kelas X (sepuluh) SMA / SMK / MA / MAK Revisi 2017 Kurikulum 2013 Halaman 21. Inti dari tugas ini adalah disuruh menyimpulkan teks Wayang dan D'topeng Museum Angkut.


Kegiatan 3 

Menyimpulkan Fungsi Teks Laporan Hasil Observasi 

    Laporan hasil pengamatan untuk memenuhi tugas mata pelajaran yang kamu susun selama ini merupakan salah satu fungsi teks laporan hasil observasi. Hal ini berarti teks tersebut dimaksudkan untuk memberitahukan atau menjelaskan kegiatan pengamatan yang dilakukan. Hasil observasi terhadap suatu objek juga dapat berfungsi untuk memberitahukan kepada pihak berwenang atau terkait suatu informasi. Selanjutnya, informasi tersebut dapat dijadikan sebagai dasar penyusunan kebijakan. Salah satu contohnya adalah teks laporan hasil observasi kerusakan lingkungan. Selain itu, banyak teks laporan hasil observasi yang dapat dijadikan bahan informasi untuk berbagai kepentingan. Teks laporan hasil observasi secara umum juga berfungsi sebagai alat pendokumentasian suatu objek atau suatu kegiatan.

Tugas

  1. Simpulkanlah fungsi teks laporan hasil observasi pada teks Wayang dan D’topeng Museum Angkut.
  2. Carilah 2 contoh teks laporan hasil observasi kemudian tentukan fungsinya.

Kunci Jawaban

  1. Fungsi teks Wayang dan D'topeng Museum Angkut :
    • a. Memberitahukan kepada pihak berwenang atau terkait suatu informasi dan kemudian dijadikan dasar penyusunan kebijakan. 
    • b. Bahan informasi untuk berbagai kepentingan.

  2. Contoh 1:
    Berdasarkan observasi dan pengamatan yang telah dilakukan setelah melakukan kegiatan belajar mengajarmengajar selama seminggu, kami menyimpulkan bahwa pendidikan di Desa Koranji kurang merata bahkan dapat dikatakan cukup memprihatinkan. Kesimpulan tersebut kami dapat dikarenakan beberapa anak kelas 5 dan 6 SD yang kami ajar belum dapat membaca, menulis, dan bahkan tidak dapat melafalkan alphabet. Hal ini mungkin dapat terjadi karena beberapa faktor. Salah satunya adalah sistem pengajaran yang belum efektif dan kualitas staf pengajar yang patut dipertanyakan. Sumber: http://kknm.unpad.ac.id/koranji/profil/

    Contoh 2:
    Kegiatan bulan bahasa merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan siswa SMA Negeri 1 Batu untuk memperingati Sumpah Pemuda. Kegiatan pada bulan tahun ini berdasarkan sasaran pesertanya dapat dibedakan menjadi dua yaitu kegiatan eksternal dan kegiatan internal. Kegiatan eksternal adalah kegiatan, terutama lomba yang dapat diikuti oleh peserta dari luar SMA Negeri 1 Batu. Kegiatannya mencakup lomba mading, fashion street, dan sayembara menulis cerita pendek. Kegiatan internal adalah kegiatan yang hanya boleh diikuti siswa SMA Negeri 1 Batu. Kegiatannya mencakup pemilihan duta wisata SMA Negeri 1 Batu, lomba pidato bahasa Mandarin, dan lomba bazar.
Selain pembahasan soal di atas, kalian juga bisa menemukan kunci jawaban soal Bahasa Indonesia lainnya dengan menekan tombol di bawah

Selain pembahasan di atas, kalian bisa menemukan pembahasan lainnya dengan menekan tombol berikut:
Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 Kelas 10 Kelas 11 Kelas 12

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.