🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 25 Kelas 10

Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Halaman 25 Kelas 10
Saifulah.id
 - Pembahasan soal kita kali ini bisa di cek pada buku paket Bahasa Indonesia Kelas X (sepuluh) SMA / SMK / MA / MAK Revisi 2017 Kurikulum 2013 Halaman 25.


Tugas

  1. Apakah dalam teks laporan hasil observasi di atas terdapat (a) peryataan umum tentang hal yang diobservasi, (b) deskripsi bagian objek yang dilaporkan, dan (c) manfaat objek yang dilaporkan?
  2. Apabila teks laporan hasil observasi tersebut tidak lengkap, lengkapilah isi teks laporan hasil observasi tersebut sehingga menjadi teks laporan hasil observasi yang lengkap.

Kunci Jawaban

  1. Ya, dalam teks laporan hasil observasi diatas terdapat: 
    • a) Pernyataan umum tentang hal yang diobservasiPada teks mengenal suku baduy dapat ditemukan pernyataan umum yaitu suku badubaduy, karena pernyataan umum itu berisi tentang objek yang akan dilaporkan. Pernyataan umum itu kita dapat jumpai pada paragraf pertama dapat dibagi pada kalimat yang berklasifikasi. Kita harus menganalisis pada paragraf pertama tentang teks mengenal suku baduy, disana terdapat kata "adalah", itu merupakan kalimat yang mengandung kalimat klasifikasi.

    • b) Deskripsi bagian objek yang dilaporkan
      Kita dapat menemukan struktur tersebut yang termasuk dalam deskripsi bagian yaitu menjelaskan tentang membagi antara suku baduy dari dalam dan suku baduy dari luar.

    • c) manfaat objek yang dilaporkan
      Untuk manfaat objek yang dilaporkan dalam teks mengenal suku baduy belum ada. Untuk itu perlu ditambahkan agar menjadi teks laporan hasil observasi yang lengkap.

  2. Teks mengenal suku baduy belum memiliki manfaat objek yang dilaporkan. Untuk melengkapi menjadi teks laporan hasil observasi yang lengkap kita perlu menambahkan manfaat objek yang dilaporkan pada akhir paragraf, sehingga menambahkan paragraf baru, sebagai berikut:

    Paragraf ke 7
    Dengan mengetahui informasi tentang suku baduy, kita dapat mendapatkan banyak informasi dan dapat mempelajari kearifan lokal suku baduy tersebut.Walaupun suku baduy jauh dari peradaban, namun suku baduy tetap mempertahankan budayanya dan tradisi nenek moyangnya, salah satunya adalah semangat gotong royong, hal ini dapat menjadi contoh bagi bangsa Indonesia.
Selain pembahasan soal di atas, kalian juga bisa menemukan cara mengerjakan soal Bahasa Indonesia lainnya dengan menekan tombol di bawah.

Selain pembahasan di atas, kalian bisa menemukan pembahasan lainnya dengan menekan tombol berikut:
Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 Kelas 10 Kelas 11 Kelas 12

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.