🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Mengenang Panduan Template Saya yang Dulu

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat malam sobat. Bagaimana kabarnya? Mudah-mudahan selalu baik dan rezekinya selalu lancar ya. Aamiin.

Sebetulnya malam ini saya bingung mau membahas apa, bukan karena tidak ada materi yang mau dibahas, melainkan karena lagi tidak mood untuk menulis panjang lebar.

Ketika saya mencoba membuka dashboard blog dan membuka semua menunya, secara tidak sengaja saya menemukan artikel Panduan seluruh navigasi blog saya pada saat sebelum menggunakan template yang sekarang. Panduan itu saya letakkan di menu Page walaupun sudah di Publish dulu, tapi saya tidak menampilkannya di menu navigasi karena sudah tidak relevan dengan template yang sekarang. Mau dibuang, rasanya sayang sudah tulis panjang lebar. Yaudah saya memutuskan untuk dipublish di Postingan saja sebagai kenang-kenangan saat menggunakan template yang lama.

Meskipun template yang dulu telah diganti dengan template yang sekarang, namun keduanya masih memiliki kemiripan, karena mereka berasal dari inspirasi yang sama. Yang berbeda hanyalah adanya penambahan tempat iklan di sidebar, pengecilan ukuran gambar pada halaman depan postingan blog, perubahan icon media sosial, penghapusan nomor halaman, perubahan warna dan banyak lagi yang lain yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.

Lantas bagaimana dengan kecepatan? Tentu saja kecepatannya pun ikut saya tingkatkan demi kenyamanan pengunjung. Hal ini bisa kita lihat dari statistik di GT Metrix dan Page Speed Insight. Kalian bisa membuktikannya sendiri dengan memasukkan alamat blog saya di sana.

Itu saja yang bisa sampaikan, berikut adalah kenangan panduan templatenya. Selamat jalan template ku yang dulu. :v


Panduan ini saya buat untuk memudahkan para pembaca mengenali fungsi-fungsi setiap tombol yang ada di blog. Saya harap dengan adanya panduan ini, akan lebih menambah pengalaman para pembaca sehingga bisa menggunakan fungsi yang ada semaksimal mungkin.

Blog ini saya buat dengan template yang responsive, sehingga lebih mudah digunakan dan tidak banyak perubahan tampilan meskipun kita menggunakan perangkat yang berbeda (Hp/Laptop).

A. Blog dalam tampilan Desktop:

Fungsi-fungsi:
1. Menu Utama
About: Data diri pemilik blog
Daftar Isi: Daftar semua postingan blog (jika dibuka, loading agak lama karena ada banyak data)
Kontak: Tempat untuk memberikan masukan dan saran serta laporan link jika ada yang rusak.
Panduan: Berisi panduan menggunakan blog disertai fungsi dari setiap tombol yang ada.
Project: Tempat saya meletakkan hasil dari editan foto yang saya buat.
Whatsapp: Chat langsung ke WA saya (hanya untuk urusan privasi/pribadi). Kalau ingin bertanya tentang isi artikel lewat kolom komentar lebih diutamakan.

2. Sosial Media
Jika diklik, tombol ini akan mengarahkan langsung ke sosial media yang saya miliki. Fungsinya untuk memperluas pertemanan dan meyakinkan bahwa konten yang saya buat bisa dipertanggung jawabkan. Silakan di klik dan di follow. Usahakan mengirim pesan langsung jika ingin di follback.

3. Logo
Selain sebagai logo, jika di klik juga bisa menjadi tombol Home.

4. Home
Tombol untuk pergi ke beranda (halaman awal)

5. Menu Navigasi
Isinya tentang semua kategori yang ada di blog. Di dalam kategori juga ada sub-kategori yang di tandai dengan tanda segitiga terbalik (5.1)
Kategori berfungsi untuk memudahkan para pembaca untuk memilih jenis bacaan yang di sukai. Ini dibuat dikarenakan saya tidak membahas satu topik saja.

6. Pencarian
Berfungsi untuk mempermudah pembaca mencari kata/judul judul yang dicari.

7. Cover
Foto yang menggambarkan tentang judul postingan. Cover ini juga berfungsi untuk membuka/membaca postingan.

8. Judul
Judul postingan. Selain cover judul bisa digunakan untuk membuka/membaca postingan.

9. Penulis
Nama penulis postingan. Jika disentuh akan muncul keterangan singkat tentang penulis.

10. Tanggal
Info tanggal diterbitkan

11. Komenar
Jumlah komentar dipostingan

12. Banyak dibaca
Urutan artikel yang banyak dibaca di blog ini.

13. Kategori
Nama kategori beserta jumlah postingan dalam setiap kategori. Kolom kategori bisa di scroll untuk melihat lebih banyak.

14. Navigasi Halaman
Berfungsi untuk memindahkan dari halaman satu ke halaman yang lain

15. Follow by Email
Berlangganan melalui email, artinya bila diisi dengan alamat email sobat, sobat akan menerima pemberitahuan melalui email apabila ada artikel baru yang diterbitkan.

16. Join this site
Hampir sama fungsinya dengan nomor 15, cuma pemberitahuannya bukan ke email tapi ke Dashboard Blogger pembaca

17. Google+ Follower
Berfungsi untuk mengikuti akun google plus penulis.


18. Share/Bagikan
Berfungsi untuk membagikan artikel ke sosial media yang sobat punya. Ada tombol like facebook jika sobat menyukai artikel. Tombol ini merupakan bentuk apresiasi sobat terhadap artikel saya. Semakin banyak like dan share yang sobat lakukan, semakin bersemangat pula saya di dalam membuat artikel yang bermanfaat yang lain.
Untuk kolom share sendiri, sobat bisa membagikan artikel ke lebih dari 200 akun yang sobat punya.

19. Tag
Jenis kategori artikel. Tag bisa diklik untuk melihat kategori yang serupa.

20. Previous
Untuk melihat artikel sebelumnya

21. Next
Untuk melihat artikel selanjutnya

22. Related Post
Judul artikel terkait yang mungkin yang mungkin sobat suka

23. Komentar
Kolom komentar/pertanyaan/diskusi digunakan untuk berinteraksi dengan penulis jika ada yang kurang jelas dari artikel di atas. Laporkan melalui menu Whatsapp jika kolom komentar tidak mau muncul.

B. Blog dalam tampilan Mobile:
Berbeda dengan tampilan desktop, pada tampilan mobile komponen blog di urutkan ke bawah, tidak kesamping untuk menyesuaikan layar ponsel yang lebih kecil dari laptop. Ada beberapa tombol tersembunyi pada tampilan ini. Misalnya tombol Sosial Media, tidak lagi kita temukan di bagian pojok kanan atas. Sementara tombol Home dan Menu Navigasi tersembunyi di dalam tombol 3 garis, yang apabila diklik akan seperti gambar di bawah ini.

Icon segitiga terbalik menu navigasi juga berubah menjadi icon (+), yang apabila kita klik akan memunculkan sub-menu/ sub-kategori seperti gambar di bawah ini.
Jikan ingin kembali ke Home atau Beranda juga masih bisa dengan mengklik logo blog (Saifullah2709).

Apa kelebihan template ini?
Template ini sejatinya dibuat oleh Kang Mosir, namun kemudian saya ubah beberapa tampilan dan javascript di dalamnya, sehingga terdapat beberapa menu yang berbeda dan memiliki speed yang lebih kencang. Hal ini saya lakukan agar pembaca tidak bosan menunggu akibat proses loading yang lama.

Berikut adalah hasil test speed page dari Google:

Ketika saya compare dengan blog terkenal yang saya tahu, saya mendapati blog ini mendapat peringkat yang tertinggi soal kecepatan loadingnya.

Berikut hasil test melalui GT Metrix:
Kecepatan halaman mendapat nilai A (Sangat cepat)
Waktu loading hanya 4 detik
Dan ukuran halaman cuma 775 KB
Itu artinya pembaca tidak akan menunggu lama dan kuota yang dibutuhkan untuk mengakses halaman juga sangat kecil. Jadi pembaca tidak perlu khawatir kehabisan kuota.

Dulu blog ini beralamat saifullah2709.blogspot.com kemudian saya ganti menjadi saifullah.xyz agar lebih singkat dan mudah diingat.

Maaf kalau postingan ini tidak penting. :)

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

2 komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
  1. Waalaikum salam wr. wb. Barokallah untuk blog ini.
    Bicara soal template2 lawas saya jadi kangen ngeblog dengan tampilan template2 blog jaman dulu (2010-2012). Penuh ornamen2 artistik, Padahal internet dulu belum secepat sekarang. Loading blog juga agak berat. Tapi sekarang orang lebih mementingkan kecepatan, tampilan blog jadi minimalis dan kaku. Fitur dan gambar dipangkas habis. Padahal loading blog sudah tidak menjadi masalah karena kecepatan internet sekarang sudah 4G. Dulu saya penggemar template2 johny template buatan Maskolis.
    Saya senang jika anda berkenan kunjungan balik dan meninggalkan saran untuk blog saya yang baru.
    1. Benar sekali mas. Saya masih ingat betul waktu pertama kali ngeblog, blog saya sangat berat gara-gara pakai widget yang sangat banyak supaya terlihat menarik. haha.. Template Johny template buatan Maskolis saya juga pernah pakai karena terbilang cepat dan responsive. Oke nanti saya kunjungan ke sana mas. Terimaksi sudah mampir dan berkomentar di sini.
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.