🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Chapter 9 Halaman 125 Kelas 10 Text Structure (Bahas Soal B.Inggris)

Chapter 9 Halaman 125 Kelas 10 Text Structure (Bahas Soal B.Inggris)
Saifullah.id - Pada Halaman 125 di buku Bahasa Inggris SMA / SMK / MA / MAK kelas X (sepuluh) Chapter 9 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 terdapat soal TEXT STRUCTURE. Soal ini masih berkaitan dengan teks yang berjudul The Battle Of Surabaya di halaman 123.


  TEXT STRUCTURE  

Recounts record a series of events in the order in which they occurred. There are several types of recounts, for example, diaries, letters/postcards, journals, autobiographies and biographies, or anything related to histories (historical recounts). In this chapter, you are studying historical recounts. Do you know how a historical recount is told or written? Similar to other types of recounts, historical recounts usually start with orientation, followed with a series of events, and ends with a reorientation. The orientation part include information about who, what, when, and where. The series of events are presented in the order they really happened. The recount ends with a reorientation which states personal comments about the events.
Recoun merekam serangkaian peristiwa dalam urutan kejadian. Ada beberapa jenis recount, misalnya diari, surat / kartu pos, jurnal, autobiografi dan biografi, atau apapun yang berhubungan dengan sejarah (history recounts). Dalam bab ini, Anda mempelajari kisah sejarah. Apakah Anda tahu bagaimana cerita sejarah diceritakan atau ditulis? Mirip dengan jenis recount lainnya, kisah sejarah biasanya dimulai dengan orientasi, diikuti dengan serangkaian peristiwa, dan diakhiri dengan reorientasi. Bagian orientasi memuat informasi tentang siapa, apa, kapan, dan dimana. Rangkaian peristiwa disajikan dalam urutan kejadian sebenarnya. Penghitungan ulang diakhiri dengan reorientasi yang menyatakan komentar pribadi tentang peristiwa tersebut.

Now, together with your partner, complete the following sentences that show how The Battle of Surabaya happened.
Sekarang, bersama rekan Anda, lengkapi kalimat berikut yang menunjukkan bagaimana Pertempuran Surabaya terjadi.

 

  CARA MENGERJAKAN  

Cara mengisi tabel pada tugas Text Structure ini sangat mudah. Kita hanya perlu mencocokkan kata atau kalimat pertama yang ada di tabel dengan kata atau kalimat yang ada di text The Battle Of Surabaya di halaman 123.

Yang perlu diperhatikan adalah, nomor 1 sampai nomor 10 itu menandakan urutan kalimat. Artinya jawaban nomor 1 pasti berada pada kalimat di atas nomor 2, dan jawaban nomor 4 pasti berada pada kalimat di bawah jawaban nomor 3.

Sebagai contoh kita cari jawaban nomor 3 dulu. Ditabel nomor 3 berawalan dengan kalimat There was misunderstanding. Maka kita cari dalam text The Battle Of Surabaya di halaman 123 kata "misunderstanding"
Chapter 9 Halaman 125 Kelas 10 Text Structure (Bahas Soal B.Inggris)

  KUNCI JAWABAN  

Orientation (who, what, when, where)
  • The bloody battle took place in 1945 in Surabaya

Series of events
  1. The governor of Java and Brigadier Mallaby made an agreement.
  2. Indonesians refused to surrender their weaponry to British army.
  3. There was misunderstanding between British troops in Jakarta and those in Surabaya.
  4. Leaflets dropped by a British plane from Jakarta to all over Surabaya .
  5. The Indonesians angered about the content of the leflet because they felt betrayed.
  6. Brigadir Mallaby was killed as he was approaching the British troops’ post near Jembatan Merah or Red Bridge, Surabaya.
  7. British army began to advance into Surabaya with cover from both naval and air bombardment.
  8. The battle of Surabaya caused Indonesia to lose weaponry which hampered the country’s independence struggle.
  9. Many Indonesians died in the battle.
Reorientation (stating personal comments about the events)
  • The Battle of Surabaya awakened Indonesian and International people to support the Indonesian national revolution.

Jawaban untuk tabel di atas tidak harus seperti yang saya jabarkan, mungkin guru kalian memiliki versi jawaban yang agak berbeda dari yang saya punya.

Tabel di atas sebetulnya bisa di jawab dengan 2 cara, yaitu dengan menulis langsung kalimat yang sama seperti dalam teks (sama seperti yang saya lakukan), atau kita bisa juga hanya mengambil intinya saja lalu di tulis dengan gaya bahasa kita sendiri.

Selama jawabannya tidak melenceng dari konteks teks bacaan The Battle Of Surabaya di halaman 123, maka jawaban tersebut bisa benar.

Jadi, sebaiknya kalian mengikuti jawaban dari guru kalian karena tentu saja mereka punya alasan tertentu dalam menjawabnya.

Selain pembahasan soal di atas, kalian juga bisa menemukan pembahasan soal bahasa inggris kelas 10 lainnya dengan menekan ini 👉 PEMBAHASAN SOAL

Selain pembahasan di atas, kalian bisa menemukan pembahasan lainnya dengan menekan tombol berikut:
Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 Kelas 10 Kelas 11 Kelas 12

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.