🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Cara Memanipulasi Foto dengan Photoshop yang Harus Kamu Coba

Memiliki foto yang unik dan menarik merupakan dambaan semua orang. Namun untuk mewujudkan semua itu pastinya membutuhkan waktu yang
tepat, tempat yang menarik, dan biaya yang tidak sedikit. Sebagai contoh saat kita ingin berfoto dengan binatang buas, hal yang paling penting adalah ketiga hal tadi. Tentu kita harus menunggu waktu liburan, selain itu karena ingin berfoto dengan satwa liar berarti harus pergi ke hutan Amazon atau minimal ke kebun binatang terdekat. Dan ini sudah barang tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit bila dihitung dengan biaya transportasi, makan, tiket, atau bahkan menginap jika tempatnya terbilang jauh. Belum lagi proses pengambilan gambar, saya yakin kita tidak diperbolehkan bersentuhan langsung dengan hewan liar tersebut. Apa kalian mau berfoto dengan berakhir tragis jadi santapan hewan karnivora? :v

Tapi kalian tidak perlu khawatir, berkat pesatnya perkembangan teknologi semuanya menjadi mudah. Cukup berfoto di rumah, di sekolah, di tempat kerja atau dimana saja yang kalian suka dengan biaya yang murah kalian sudah bisa memiliki foto yang unik dan menarik. Bahkan membuat foto yang tidak masuk akal sekalipun bisa dilakukan. Sebagai contohnya foto di bawah ini.

Bagaimana menurut kalian, menarik bukan?
Lalu bagaimana cara mengeditnya?

Berikut tutorial cara memanipulasi foto dengan software Photoshop yang bisa kalian terapkan ke foto kalian.

Bahan-bahan:
1. Photoshop
2. Foto background singa, di sini 
3. Foto cewek, di sini

Langkah-langkah:
1. Buka Photoshop > File > Open  atau bisa juga pakai shortcut Ctrl+O
2. Pilih foto cewek yang akan di edit

3. Seleksi foto tersebut dengan Quick Selection Tool.
Gunakan kombinasi tombol(untuk memperbesar foto),

+ (untuk memperkecil foto) sehingga mempermudah proses seleksi.


4. Gunakan icon  untuk memperbesar area seleksi dan icon  untuk memperkecil area seleksi. Agar prosesnya cepat, perbesar ukuran kuas jika ingin menyeleksi area yang luas dengan cara klik tombol dan perkecil ukuran kuas untuk menyeleksi bagian yang sempit dengan menekan tombol Hingga hasilnya akan seperti ini.

5. Tekan + untuk menduplikat foto yang sudah diseleksi dan memisahkannya dengan yang asli

6. Klik File > Open atau klik Ctrl + O
7. Pilih foto background singa

8. Maka akan muncul windows baru yang berisikan foto singa. Lalu buka windows foto cewek tadi dengan mengklik nama foto pada bagian atas.

9. Klik dan tahan tombol mouse yang kiri tepat di foto cewek, lalu geser menuju nama foto singa dan letakkan pada bagian tengan foto singa.


10. Sesuaikan ukuran foto cewek dengan backgroundnya dengan cara tekan tombol Ctrl + T, selanjutnya akan muncul garis bantu pada foto cewek, lalu tekan dan tahan tombol Shift, klik dan tahan menggunakan tombol kiri mouse pada sudut foto cewek tadi, tarik kedalam untuk memperkecil atau tarik ke luar untuk memperbesar. Jika sudah lepaskan mouse terlebih dahulu baru tombol shift, kemudian tekan Enter.

11. Geser foto cewek tadi ke posisi yang masuk akal, misalnya seolah-olah sedang memegang kepala singa. Lalu tambahkan rumput pada bagian kaki si cewek agar terlihat lebih real.

     Cara menambahkan rumput:
  • Klik icon Eyedropper Tool, klik bagian rumput untuk mengambil warnanya supaya rumput tambahan yang akan kita buat nanti akan sama warnanya dengan rumput asli
  • Klik icon Brush Tool


  • Klik segitiga terbalik untuk memunculkaan jenis Brush, scroll ke bawah sampai ketemu icon 1 helai rumput dengan kode 112, klik icon tersebut lalu terapkan pada bagian kaki sang cewek


13. Klik menu Image > Adjustsments > Semua yang ada di kotak warna merah bisa kita gunakan untuk mengatur komposisi warna dan kecerahan foto agar terlihat menyatu. Namun pada tutorial ini saya menggunakan 2 Brightness/Contrast & Color Balance saja. Caranya:
  • Image > Adjustsments > Brightness/Contrast (atur sampai sesuai kebutuhan) > OK
  • Image > Adjustsments > Color Balance (atur sesuai kebutuhan) > OK


12. Klik File > Save as > Ganti nama > Ubah file ekstensi menjadi JPEG > Save

13.  Akan muncul jendela pop up, geser tombol ke kanan sampai mentok, selanjutnya tekan OK
14. Selesai

Catatan:
Quick Selection Tool bukanlah satu-satunya tool untuk menyeleksi foto, ada tool lain yang bisa digunakan seperti Lasso Tool, Polygonal Lasso Tool, Magnetic Lasso Tool, Magic Wand Tool, Eraser Tool, Background Eraser Tool, Magic Eraser Tool, Pen Tool, dan lain-lain.
Saya menggunakan Quick Selection Tool pada tutorial ini karena tool sebut sangat mudah digunakan, prosesnya cepat, cocok untuk yang baru belajar editing. Walaupun hasil potongannya tidak sebagus tools yang lain.

Akhir kata, mudah-mudahan apa yang saya sampaikan bermanfaat. Jika ada pertanyaan silakan tuliskan di kolom komentar. Kalau ingin melihat foto editan saya yang lain bisa ke sini atau klik tombol Photo Projects dibagian menu navigasi paling atas.

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.