🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Produk Makanan dan Minuman Indonesia yang Mengandung Zat Berbahaya

Waspadalah Terhadap Jenis Makanan Dan Minuman Yang Mengandung Aspartame Sobat blogger yang berbahagia, hari ini saya dapat sebuah sms dari ibu saya, yang berisi peringatan atau himbauan tentang bahaya suatu produk makanan dan minuman asal Indonesia mungkin dunia , yang banyak mengandung unsur zat yang mengandung racun dan mematikan, selain biasa yang disebutkan di media yaitu jenis bahan pengawet dan pewarna , kini juga unsur lain adalah pemanis buatan yang sangat berbahaya penggunaannya yaitu ASPARTAME (terlebih tidak sesuai dosis).

Oya, sebelum saya meneruskan Isu bahan makanan dan minuman yang berbahaya tersebut, saya akan kutip isi sms yang saya terima dari ibu saya (ibu saya juga dapat dari orang lain, semacam sms berantai-lah, Saya juga belum tahu pasti apakah itu sudah pernah di uji secara klinis, apakah itu hanya isu belaka dengan maksud tertentu) simak sms berikut dan kita beri opini tersendiri.
Asslm. IKATAN DOKTER INDONESIA (IDI) : Saat ini sdg ada wabah pengerasan otak /sumsum tulang blkg. Jgn minum produk: EXTRA JOSS, M-150, KOPI SUSU GELAS, KIRANTI, KRATINGDAENG, HEMAVITON, NEO HORMOVITON, MARIMAS, FRUTILLO, SEGAR SARI, POP ICE, SEGAR DINGIN vit C, OKKY JELLY DRINK, INACO, GATORADE, NABATI, ADEM SARI, NATURADE GOLD, AQUA SPLASH FRUIT, krn mngandung ASPARTAME (lbh kras dr Biang Gula) racun yg mnyebabkn diabetes,kanker otak & bisa mematikn sumsum tulang. INFOKAN pd org2 yg kt sayangi. dr.H.ISMUHADI, MPH.
Yah, begitulah sms yang saya terima. saya tidak tahu apakah ini merupakan spam sms (ada kalimat sampaikan ke orang yang anda sayangi)…..Wow kalimat ini, membuat hati kita semangat untuk melindungi keluarga kita dengan memforward sms tersebut ke seluruh keluarga yang kita sayangi…( tindakan spam sms yang ampuh), dalam tanda kutip lagi nih” saya sering juga menerima sms senada yang jenis nya berbeda seperti kiamat akan datang dll, sampaikan ke orang lain atau kamu akan kesulitan” who care!!!!

Ok terlepas dari kisah sms spam, isu dari isi sms diatas juga emang menarik untuk di bahas, Mengapa karena jika saya lihat selama ini produk makanan dan minuman Indonesia mengandung unsur-unsur yang berbahaya bagi kesehatan. Mungkin penggunaan yang mereka klaim sesuai dengan takaran yang di ijinkan Dinas Kesehatan, Tapi siapa yang tahu, kalau mereka berhitung secara Bisnis tanpa memperhatikan kepentingan orang banyak (red:konsumen), bisa saja mereka menambahkan unsur unsur (yang harus diawasi) tersebut melebihi dosis yang ditetapkan utnuk menekan biaya produksi bahan baku yang kini kian meningkat. Tindakan produsen makanan /minuman yang nakal yang lebih mementingkan keuntungan belaka, tanpa memiliki naluri kemanusian, dengan menambahkan zat atau unsur yang berbahaya melebihi dosis atau takaran yang ditetapkan, itu sangat tidak bisa kita maafkan, Karena tindakan ceroboh/dan mementingkan bisnis mereka semata mengakibatkan kematian secara perlahan dan secara kasat mata.

"Makanan mu Pembunuh mu" Makanan jika di makan dan langsung mengakibatkan kematian bisa jadi disebabkan karena makanan itu beracun, akan ada penyelesaian hukum untuk kasus seperti ini. Namun bagaimana jika makanan itu membunuh alias menyebabkan kematian kamu secara perlahan lahan dalam waktu tidak tertentu, dipastikan kamu dianggap mati biasa di karenakan sakit, dan tidak di anggap mati karena makanan, dan jelas tidak ada peyelesaian hukum. Padahal penyebabnya adalah makanan berbahaya yang pernah di konsumsi pada beberapa waktu yang lalu.

Mengapa saya katakan mengakibatkan kematian perlahan dan secara tidak kasat mata, karena efek unsur zat makanan yang berbahaya tersebut kebanyakan menggerogoti sistem keamanan tubuh manusia secara perlahan-lahan dan tanpa disadari, mereka sudah mengidap penyakit yang kronis. Siapa yang konsumen salahkan? mereka menganalisa macam-macam apa penyebab penyakit mereka, dengan tanpa mereka sadari bahwa penyebabnya adalah makanan dan minuman yang mereka konsumsi beberapa waktu lampau.

Makanan yang mengandung zat berbahaya seperti pengawet, pewarna dan pemanis buatan tersebut semakin lama menumpuk dalam tubuh, dan merusak organ-organ secara perlahan tanpa disadari. Mengapa penggunaan zat-zat berbahaya tersebut di ijinkan oleh DEPKES? Banyak pendapat tentang itu. Walaupun dalam takaran yang sesuai, menurut saya tetap saja merugikan, terlebih makanan dan minuman tersebut banyak di konsumsi anak-anak.

Kembali ke pokok permasalahan. Terus terang saya kaget dengan isu sms itu. Mengapa? Karena saat saya menerima sms tersebut saya sedang minum Hemaviton Jreng. Langsung saja saya lihat kemasan Hemaviton Jreng. Di sana tertera tulisan yang sangat kecil, (kalau mata rabun, gak bakalan melihat).
“Produk ini tidak dianjurkan untuk wanita menyusui dan hamil serta penderita hipertensi. MENGANDUNG PEMANIS BUATAN ACESULFAME DAN ASPARTAME, DAN PRODUK INI MENGANDUNG FENILANIN……”
Busyet dah , saya jadi merinding dan mencari artikel di google tentang bahaya zat tersebut, berikut ini bahaya aspartame yang saya kutip dari Wikipedia. Aspartame merupakan pemanis sintetis non- karbohidrat, aspartyl-phenylalanine-1-methyl ester, atau merupakan bentuk metil ester dari dipeptida dua asam amino yaitu asam amino asam aspartat dan asam amino essensial fenilalanina. Aspartam dijual dengan nama dagang komersial seperti Equal, Nutrasweet dan Canderel dan telah digunakan di hampir 6.000 produk makanan dan minuman di seluruh dunia. Terutama digunakan di minuman soda dan permen. Belakangan aspartam mendapat penyelidikan lebih lanjut mengenai kemungkinan aspartam menyebabkan banyak efek negatif. Dan akhirnya, pangsa pasarnya mulai berkurang direbut oleh pemanis lain yaitu sukralosa. Kontroversi pemakaian aspartame di dunia: Belakangan ini keamanan untuk penggunaan aspartam mulai dipertanyakan oleh banyak pihak, namun sertifikasi aman yang telah dikeluarkan oleh FDA dan FSA Eropa akhirnya menyulut kontroversi. Penyelidikan lebih menyeluruh mulai banyak diusulkan untuk menjelaskan bagaimana hubungan antara aspartam dan banyak efek negatif yang mungkin ditimbulkannya seperti sakit kepala, tumor otak dan limpoma. Semua penemuan ini, ditambahkan kemungkinan akan kebenaran bahaya aspartam membuat masyarakat mulai berpikir ulang untuk menggunakan aspartam.

Film dokumenter yang rilis tahun 2004 Sweet Misery: A Poisoned World juga menggambarkan kondisi seputar kontroversi aspartame juga. Nah, bagaimana, opini kamu tentang sms diatas, apakah itu sms spam belaka atau dengan maksud dan tujuan menyebarkan kebaikan. Beri komentar artikel ini terkait dengan isu sms itu atau dalam konteks bahaya aspartame itu sendiri. Jika kamu setuju dengan apa yang di isukan oleh sms itu, sebarkan tulisan ini ke blog-blog atau facebook atau via sms lagi. supaya Departemen Kesehatan terbuka matanya untuk membuat kebijakan baru untuk melindungi konsumen Indonesia. Mudahan YLKI juga bertindak independen terhadap hal yang merugikan konsumen. Dan untuk produsen, bukalah naluri kemanusian kalian, jangan hanya berpikir bisnis dengan meraih keuntungan semata tanpa memperhatikan efek nya bagi manusia. Untuk info lebih lanjut mengenai sms tersebut bisa menghubungi B.POM. Badan POM mengimbau kepada masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Badan POM
Nomor telepon: 021-4263333 dan 021-32199000
atau
Layanan Informasi Konsumen di Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia.

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

2 komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
  1. aq barusan dapat sms persis yang ditulis itu, gak lebih gak kurang...
    1. Iya gan
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.