🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Anehnya Google Bisnis Tahun 2023, Akun Ditangguhkan Karena Pindah Lokasi

Anehnya Google Bisnis Tahun 2023, Akun Ditangguhkan Karena Pindah Lokasi
Saya bangun usaha pada tahun 2012. Setelah beberapa tahun berjalan, akhirnya usaha tersebut berkembang pesat. Saya pun berinisiatif untuk mendaftarkan usaha saya di Google Maps melalui aplikasi Google Bisnisku (Google My Business)

Setelah pendaftaran akhirnya saya mendapatkan sepucuk surat dari Google Bisnis yang isinya terdapat PIN verifikasi untuk memastikan bahwa saya adalah pemilik sah yang mengajukan bisnis tersebut di tampilkan di Google Maps.

Pada saat ini status saya masih mahasiswa. Sehingga lokasi bisnis saya sering berubah karena beberapa kali saya sempat pindah kost-kostan.

Perlu diketahui bahwa dulu saya memulai bisnis dari kost dan kontrakan. Maklum masih pelajar, masih belum bisa menyewa tempat untuk jualan di tepi jalan.

Saya pindah lokasi sekitar 4 kali. Awalnya di Jalan Imam Bonjol Pontianak, lalu pindah ke Jalan Tani Pontianak, kemudian ke Jalan Ujung Pandang Pontianak, setelah itu pindah ke Jalan Ahmad Yani Pontianak, dan yang terakhir saya pindah ke Jalan Pasir Panjang Singkawang.

Saya pindah lokasi tidak dalam hitungan bulanan, tapi dalam hitungan tahunan. Dan menurut saya dalam dunia bisnis itu pindah lokasi usaha suatu hal yang biasa karena tidak semua orang bisnis di lahan milik pribadi. Ada yang di kaki lima, ruko, dan kontrakan.

Namun yang menjadi aneh adalah ketika saya pindah ke Singkawang. Begitu saya mengubah lokasi jalan pada Google Maps di bisnis saya, tiba-tiba akun saya langsung ditangguhkan.

Saya sangat panik saat itu karena pelanggan saya ada yang bertanya kok alamat saya hilang di Google Maps? Mereka ingin cek jadwal buka toko, info terbaru, dan katalog toko tidak bisa.

Saya pun langsung mencari tahu alasan kenapa Google Bisnis saya ditangguhkan. Setelah saya baca-baca Pedoman Kualitas dan Panduan Menampilkan Bisnis di Google, saya tidak menemukan satupun yang melanggar pedoman Google.

Akhirnya saya mencoba mengajukan banding dengan mengirimkan foto KTP, foto NPWP, Surat Izin Usaha, Nomor NIB, sebab pihak Google meminta syarat yang menunjukkan bahwa saya adalah bahwa saya pemiliksah bisnis tersebut dan terdapat lampiran alamat usaha saya.

Tapi yang terjadi mereka masih tetap menolak untuk menampilkan bisnis saya di Google Maps padahal Rating Bintang saya sangat bagus 4.9/5 dari 129 ulasan.

Saya sempat bertanya ke orang lain tentang hal ini dan menyuruh mereka untuk membcara Pedoman Kualitas Google apakah bertentang dengan bisnis yang saya jalani. Mereka semua menjawab tidak ada yang melanggar, dan bisnis yang saya jalani pun bisnis legal.

Sampai sekarang tidak ada tanggapan memuaskan dari Google tentang pelanggaran apa yang saya lakukan sampai-sampai bisnis saya tidak bisa ditampilkan kembali.

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.