🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Cara Membuat Forum Diskusi Median UI 1.5

Cara Membuat Forum Diskusi Median UI 1.5
Saifulah.id
 - Forum Diskusi Blogger merupakan salah satu halaman penting yang berfungsi untuk mengobrol tentang sesuatu yang berada diluar topik postingan. Selain itu forum diskusi juga bisa dipakai untuk bertanya jawab sambil menunjukkan gambar screenshot agar mudah melihatkan contoh yang dimaksud.


Mengapa Median UI perlu Forum Diskusi?

Template Median UI terbaru sebenarnya mendukung 3 fitur kolom komentar, yaitu  dari bawaan Blogger, Disqus, dan Facebook. Namun, kebanyakan dari kita pasti akan lebih memilih kolom komentar dari Blogger karena komentar ini terhubung langsung dengan widget komentar yang muncul di Homepage dan bawah judul.

Widget komentar ini menjadi salah satu kelebihan Median UI karena terlihat minimalis dan keren karena terdapat indikator angka yang menjadi penanda jumlah komentar di suatu postingan.

Ditambah lagi, tampilan kolom komentar Blogger di Median UI juga terlihat sangat elegan yang jika di buka, akan menyembul di samping kanan layar seperti kolom Chat.

Tapi, kolom komentar bawaan blogger seringkali tidak bisa dipakai untuk mengirim gambar langsung. Makanya akan susah untuk memperlihatkan gambar ilustrasi agar mudah dipahami saat berkomunikasi.

Untuk mengatasi kelemahan ini, mau tidak mau kita harus menambahkan kolom komentar lain supaya tidak perlu menghilangkan kolom komentar bawaan Blogger.

Kolom komentar yang kita pilih adalah Disqus karena kolom komentar ini mendukung kirim gambar dengan mudah serta ada notifikasi yang realtime via email setiap kali ada komentar baru masuk.

Agar tidak menumpuk 2 kolom komentar sekaligus di postingan, maka kita letakkan kolom komentar Disqus ini di halaman khusus yang kita sebut sebagai Forum Diskusi.

Cara Membuat Forum Diskusi Median UI 1.5

Cara Membuat Forum Diskusi Menggunakan Disqus di Median UI

  1. Buka Dashboard Blogger
  2. Tekan Halaman
  3. Klik + Halaman Baru
  4. Tekan gambar Pensil, lalu ubah ke Tampilan HTML
  5. Isi kolom judul dengan kata Forum Diskusi
  6. Kemudian masukkan kode berikut di kolom berikutnya
    Ini adalah forum diskusi tempat bertanya jawab dan mengobrol santai tentang segala hal. Anda bisa mengirim gambar di sini. Kami tidak menerima pertanyaan tentang Blog via Whatsapp!<br /><br />
    <!--[ Comment disqus ]-->
          <b:includable id="post-commentDisqus">
            <div class="commentDisqus" id="disqus_thread">
              <div class="commentsButton button outline" id="disqusshow" onclick="load_Comments()">
                <span data-text="Tekan Disini Untuk Mulai Berdiskusi">
              </span></div>
            </div>
            <script>/*<![CDATA[*/ var disqus_shortname = "saifullah2709"; !function(){var e=document.createElement("script");e.defer=!0,e.src="//"+disqus_shortname+".disqus.com/blogger_item.js",(document.getElementsByTagName("head")[0]||document.getElementsByTagName("body")[0]).appendChild(e)}(); function load_Comments(){var e=document.getElementById("disqusshow");e.style.display="none";var t="saifullah2709";!function(){var e=document.createElement("script");e.defer=!0,e.src="https://"+t+".disqus.com/embed.js",(document.getElementsByTagName("head")[0]||document.getElementsByTagName("body")[0]).appendChild(e)}()}; var uri = window.location.toString(); if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri); }; /*]]>*/</script>
          </b:includable>
  7. Kata yang saya tandai warna biru boleh kalian ganti bebas seperti yang kalian mau. Sedangkan kata yang saya tandai warna kuning diganti dengan username akun Disqus kalian.
  8. Selanjutnya tekan Publikasikan
Cara Membuat Forum Diskusi Median UI 1.5



Demikian cara membuat forum diskusi pada template Median UI v1.5. Jika kalian pakai template lain, caranya mungkin akan berbeda karena pada Median UI versi 1.5 itu sudah dibekali kode Disqus di dalam script template. Makanya saat membuat forum diskusi, kita hanya perlu memasukkan kode pemanggil saja.

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

19 komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
  1. Mantap min
    1. Ok
    2. mas cara tulisan Berdiskusi ke center dan cara hapus home / Berdiskusi gimana mas
    3. Pakai Median UI versi berapa?
  2. Mas tolong buatin tutorial cara yang benar submit sitemap di webmaster dong. Saya bingung jika postingan sudah 500 - 1000 yang harus di submit sitemap yang mana. Apa hanya sitemap.xml atau apa? Tolong buatin tutorialnya mas. Terimakasih 🙏
    1. Ok nanti saya buatkan
  3. disqus gk mau muncul
    1. Alamat Blognya udah di hubungkan di akun Disqus blom kak?
    2. saya coba lagi
  4. Min di median 1.6 kenapa yah tombolnya jadi kecil trus dikiri? Mohon solusinya heheh
    Demo disini : https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiiT9IY81srbEnta4ukjs_982cogqoAs0mUGSSQK1U9mdKa0derfeV7gkpssMZxFGsEEOV6B3zbRp1014YMNPEvZP_SFGOFReNFv3an0PVNZCma8IP-AxzxM6OK06MQGWuuZlYUyPJlg0cdWcwXLe_u8ouz6jy4UW-jtiYwMQssfFXI9GASWDaX25lC=s719
    1. Median UI 1.5 dengan 1.6 kodenya berbeda. Tutorial di Median UI 1.5 tidak bisa diterapkan di Median UI 1.6
  5. https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiiT9IY81srbEnta4ukjs_982cogqoAs0mUGSSQK1U9mdKa0derfeV7gkpssMZxFGsEEOV6B3zbRp1014YMNPEvZP_SFGOFReNFv3an0PVNZCma8IP-AxzxM6OK06MQGWuuZlYUyPJlg0cdWcwXLe_u8ouz6jy4UW-jtiYwMQssfFXI9GASWDaX25lC=s719

    Nih min gambarnya, tombolnya yg warna abu² kecil itu
    1. Median UI 1.6 beda caranya lagi, dan tidak perlu pakai Disqus lagi.
  6. Gak work kah di median 1.6
    1. Gk work. Median UI 1.6 beda lagi caranya.
    2. https://www.saifullah.id/2021/12/cara-membuat-forum-diskusi-median-ui-16.html
  7. Min buat tutor untuk halaman kontak, terimakasih.
    1. Cek di sinihttps://www.saifullah.id/2022/01/cara-membuat-halaman-kontak-email.html
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.