🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Sosial Media yang Membayar Penggunanya dengan Uang

Sosial Media atau yang biasa di singkat sosmed, kini telah menjadi bagian dari kehidupan setiap orang. Percaya atau tidak setiap orang pasti mempunyai sosmed, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Melalui sosmed ini kita bisa berbagi cerita, pengalaman, pelajaran, dan banyak hal kepada orang banyak diseluruh dunia. Selain itu penggunnya juga akan lebih mudah menjalin komunikasi dan pertemanan dengan orang lain dimanapun berada dengan biaya yang sangat murah.

Dengan segala kelebihan yang ditawarkan mungkin banyak dari kita yang merasa sudah sangat puas menggunakannya. Namun berbeda halnya dengan seorang money hunter (pemburu uang/otak bisnis), segala hal ingin dijadikan uang termasuk sosial media. Mungkinkah itu terjadi? Tentu saja mungkin. Faktanya sosial media merupakan ladang terbaik untuk menghasilkan uang dengan budget yang sangat minim. Cukup bermodalkan smartphone dan sedikit usaha, kita bisa melakukan promosi produk untuk dijual. Tidak perlu buka toko fisik yang notabennya mesti sewa tempat dan biaya operasi yang lumayan besar.
sosmed, medsos, uang, penghasilan
Disamping itu, sosial media juga bisa menjadi ladang untuk berkarya dan mencapai kepopuleritasan. Hal ini tidak bisa kita pungkiri, sebab ada sederetan artis yang terkenal berkat berkarya di sosial media, salah satu contohnya Ria Ricis. Siapa sih yang tidak kenal dengan kakak yang cantik dan lucu ini. Pasti kenalkan?

Dari sekian banyak sosmed, kebanyakan hanya menyediakan fasilitas untuk terhubung satu sama lain, contohnya Facebook, Twitter, Instagram, dll. Selanjutnya tinggal kita yang memutuskan apakah hanya untuk bersenang-senang dan pamer kekayaan atau malah sebagai ladang penghasilan. Sebab pada zaman now, bekerja tidak harus pergi ke kantor, tapi di rumahpun kita bisa bekerja. Menurut pengamatan Saiful, sebagian orang memanfaatkan sosial hanya sebagai alat bantu untuk menghasilkan uang. Artinya, sosial medianya tidak membayar, melainkan hanya memfasilitasi atau jembatan penghubung antara penjual dengan pembeli.

Namun berbeda halnya dengan beberapa sosial media yang akan saya bahas ini. berdasarkan cara mendapatkan penghasilan, sosial media dibagi menjadi 2. Pertama, sosial media yang membayar langsung dari aplikasinya dan yang kedua sosial media yang menyediakan fitur untuk terhubung ke periklanan.

Untuk sosial media yang membayar langsung dari aplikasinya dibagi lagi menjadi 2. Pertama, penghasilan didapat dari hadiah (gift) pemirsa. Kedua, penghasilan dari penyedia aplikasi langsung.

1. Sosial Media yang Membayar Langsung
Sosial media ini sudah menyediakan fasilitas pembayaran di dalamnya:

a. Hypstar
Hypstar adalah aplikasi yang menyediakan video berdurasi pendek, dengan panjang maksimal 1 menit. Kebanyakan pengguna aplikasi ini memposting video lucu, cewek cantik/seksi, dan hewan peliharaan. Untuk mendapatkan penghasilan sebisa mungkin kita harus memposting video yang menarik dan original. Pembayarannya menggunakan mata uang dollar yang bisa ditarik melalui akun Paypal. Selain uang didapat dari upload video, kita juga bisa punya penghasilan dengan membagikan link undangan kepada teman kita. Keuntungan kita dari mengundang teman adalah mendapatkan 20% dari Flame yang di dapat oleh orang yang kita undang. Flame merupakan istilah untuk penghasilan di Hypstar. Untuk melakukan withdrawal, tidak perlu menunggu sampai $5 atau $10, karena di sini minimal $1 sudah bisa di cairkan. Tapi saat ingin dicarikan usahakan saldo lebih dari $1 ya. Nah Hypstar ini termasuk ke dalam sosial media yang penyedia aplikasinya langsung yang membayar pengguna.

b. Vshow
Hampir sama dengan Aplikasi Hypstar, Vshow juga merupakan sosial media yang hanya menyediakan fitur berbagi video pendek. Bahkan di sini hanya diberikan batas 15 detik saja untuk setiap video. Untuk kontennya sama juga dengan aplikasi pertama, kebanyakan penggunanya mengunggah video lucu, cewek cantik/seksi, dan binatang peliharaan. Bedanya, Vshow ini mendapat penghasilan dari gift (hadiah/saweran) dari penonton, penonton di Vshow ini lebih aktif dibanding di Hypstar. Buktinya video yang kita upload akan mendapatkan banyak like, share dan komentar di sini. tapi belum tentu di kasih gift ya. Jadi notifikasi like, share, dan comment benar-benar ramai. Sementara di Hypstar agak susah mendapatkan like, share, dan komentar. Namun, penghasilan di aplikasi Hypstar lebih cepat dan mudah didapatkan dibandingkan dengan aplikasi Vshow.

c. Bigo Live
Hampir sama dengan Vshow, Pengguna Bigo Live mendapat penghasilan dari gift penonton. Bedanya, aplikasi ini khusus untuk Live/Siaran Langsung/Streaming. Kita juga bisa kayak video call dengan banyak orang di sini. Maslah penghasilan, Bigo Live menggunakan sistem coin/diamond. Jika sudah mencapai batas yang di tentukan, coin/diamond tersebut bisa di cairkan dengan uang atau dibelikan ke gift untuk di bagikan ke Room orang lain yang sedang live.

2. Sosial Media yang Tidak Membayar Langsung
Sosial media ini tidak menyediakan fasilitas pembayaran di dalamnya:

a. Blog

Untuk penjelasan tentang blog mungkin tidak perlu saya jelaskan lagi, karena sebelumnya sudah pernah saya bahas secara lengkap di postingan ini Pengertian, Jenis, dan Manfaat Blog. Nah, kenapa blog termasuk ke dalam sosial media yang tidak membayar langsung? Hal ini disebabkan kita tidak akan menerima bayaran apapun kalau blog yang kita buat tidak digunakan untuk berjualan atau minimal menayangkan iklan. Sangat berbeda dengan ketiga sosmed yang telah saya sebutkan tadi, untuk mendapatkan penghasilan dari blog kita harus mendaftarkan diri ke Google Adsense, URL shortener, atau program afiliasi. Jadi penghasilan tidak bisa datang sendirinya tanpa ada pendaftaran ke salah satu yang telah saya sebutkan tadi. Kebanyakan orang memanfaatkan Google Adsense sebagai mata pencarian di blog. Cara kerjanya cukup memasang iklan dari Google Adsense di blog, lalu setiap penayangan dan klik pada iklan, pemilik blog akan mendapatkan bagian penghasilan.

b. Youtube

Kalau Youtube sepertinya tidak perlu saya jelaskan lagi, karena saya yakin semua sudah tahu atau bahkan sering menggunakannya untuk menonton. Untuk penghasilan di YouTube juga bisa memanfaatkan Google Adsense. Orang yang sudah terdaftar di Google Adsense biasanya setiap video yang ada di channelnya akan ada iklan pada pembukaan video. Dari sanalah mereka mendapatkan penghasilan. Setiap kali orang melihat atau mengklik iklannya, mereka mendapat bagian keuntungan.

c. Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp, Line, dll

Sosial media ini memang tidak menyediakan metode pembayaran langsung ataupun tidak langsung. Namun sosmed ini bisa dijadikan sebagai sarana promosi dan kebanyakan perusahaan memberikan endorse kepada pengguna yang memiliki follower terbanyak untuk mengiklankan produk perusahaan secara langsung. Nyatanya medsos ini juga bisa menjadi ladang penghasilan.

Demikian Sosial Media yang Membayar Penggunanya dengan Uang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk teman-teman dan mudah-mudahan rezekinya selalu lancar. Aamiin.. Sampai jumpa di artikel selanjutnya :)

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.