🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Penjelasan dan Contoh Appositive Dalam Bahasa Inggris

Hallo bertemu lagi bersama saya dipembahasan pelajaran bahasa Inggris. Kali ini saya akan membahas tentang Appositive. Mungkin bagi sebagian orang, ini kali pertama mereka mendengar istilah tersebut, walaupun tidak menutup kemungkinan tanpa disadari mereka sering menemukannya di dalam kalimat-kalimat bahasa Inggris. Sedangkan bagi kamu yang berkuliah dijurusan bahasa Inggris tentunya kamu sudah familiar dengan istilah tersebut, bukan?

Secara bahasa appositive dapat diartikan sebagai sebuah kata benda atau frase yang diletakkan setelah suatu kata untuk mendefinisikan atau menjelaskan lebih rinci tentang kata tersebut.
  • Contoh: My friend Eva is very rich.
Kata yang di cetak tebal itulah yang disebut appositive. Jadi dengan appositive ini sebuah kata yang umum menjadi lebih spesifik sehingga pembaca dengan jelas mengetahui siapa atau apa yang dimaksud penulis. Kalau penulis hanya menuliskan "My friend" kita pasti akan bingung, teman yang mana yang dimaksud, setiap orang kan pastinya punya teman lebih dari satu orang. Setelah ditambahkan kata "Eva" maka tanpa berpikir panjang kita akan langsung fokus ke 1 orang temannya saja, yaitu Eva.

Appositive sendiri dibagi ke dalam dua bentuk. Bentuk pertama ditandai dengan adanya tanda koma pemisah dan bentuk yang kedua tanpa tanda koma. Untuk yang tanpa tanda koma contohnya sudah saya berikan tadi di atas. Sedangkan untuk yang pakai tanda koma contohnya seperti ini: Raisa, the beautiful woman in this class, has just called Saiful for dating. Jadi kata "the beautiful woman in this class" ini menjelaskan lebih spesifik siapa itu Raisa. Itulah yang disebut dengan Appositive.
Untuk penjelasannya dalam bahasa Inggris bisa dilihat di bawah ini.

Appositive
What is an appositive?
An appositive is a noun or a noun phrase placed next to another word to define or modify it. For example, in the phrase "my friend Leila," the noun "Leila" is an appositive.

Restrictive versus non-restrictive
An appositive can either be restrictive, or non-restrictive.
1. Non-restrictive appositives are not crucial to the meaning of the sentence. For example, in "Alan, the chief executive of the project, has just called for a meeting ", "the chief executive of the project" doesn't narrow down the first element "Alan". It rather provides additional information about it. Non-restrictive appositives are put between commas.

2. In a restrictive appositive, the second element limits or clarifies a word in some crucial way. For example, in the phrase "my friend Leila writes good poems ", the name " Leila" tells us which friend the speaker is talking about and is thus restrictive. Restricrive appositives don't need to be set off with a pair of commas.

Examples of appositives:
  • Mexico City, the biggest city in the world, has many interesting archaeological sites.
  • Denver, the capital of Colorado, is beautiful.
  • My friend Bill is very rich.
Bagaimana penjelasannya? Sudah paham atau belum? Kalau masih belum paham silakan tanyakan di kolom komentar ya.
Semoga bermanfaat :)

Selain pembahasan di atas, kalian bisa menemukan pembahasan lainnya dengan menekan tombol berikut:
Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 Kelas 10 Kelas 11 Kelas 12

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.