🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

15 Aplikasi Editing yang Wajib Kamu Coba di Smartphone Kamu


Dizaman yang serba canggih ini, semua hal bisa dilakukan dengan mudah seolah-olah semua berada di dalam genggaman kita. Banyak hal bisa diakses hanya dengan beberapa sentuhan jari jemari pada telpon pintar (smartphone) milik kita. Munculnya smartphone ini membuat pekerjaan yang berat menjadi lebih ringan dan tentunya bisa dilakukan dimana saja tanpa harus membawa komputer ataupun laptop yang dirasa lebih berat dan perlu tempat yang cukup luas disaat menggunakannya. Kini smartphone sedikit banyak telah bisa menggantikan fungsi dari kedua perangkat elektronik tersebut. Dengan smartphone kita bisa membuat apa saja yang kita inginkan, mulai dari membuat dokumen, membuat orderan makanan/pakaian, dan membuat karya unik seperti foto/video editan yang dulunya hanya bisa dilakukan melalui perangkat komputer/laptop. Tidak hanya itu, smartphone juga menggantikan fungsi dari kamera digital yang bentuknya lebih besar dan tidak enak untuk dibawa kemana-mana. Sehingga dengan hanya 1 perangkat saja segala hal bisa kita buat.

Namun pada kesempatan kali ini, saya tidak akan membahas tentang perbedaan zaman maupun tentang smartphone yang saya sebutkan tadi. Melainkan saya akan membahas tentang aplikasi yang bisa digunakan untuk keperluan editing foto dan video pada smartphone. "Hmm..Gak nyambung dengan paragraf sebelumnya ya?" 🤔 Cuek aja lah. 😶

Mengapa saya membahas ini?
Karena banyak sekali yang bertanya kepada saya tentang aplikasi yang saya gunakan saat saya posting beberapa foto/video editan di Instgram.

Mengapa dijelaskan di sini?
Karena bisa mempermudah saya dalam menjawab pertanyaan yang banyak muncul tanpa harus menjawabnya panjang lebar kepada setiap orang. Jadi kalau ada yang bertanya tinggal saya arahkan ke blog saya ini. Beres.

Mengapa mereka bertanya?
Ada beberapa yang bertanya cuma sekedar ingin tahu dan ada juga yang ingin mencoba melakukan editing seperti yang saya buat. Untuk itu dipostingan selanjutnya saya akan memberikan tutorial-tutorial cara editing foto/video mengguanakan smartphone.

Apakah ada yang meminta saya untuk mengeditkan foto/video mereka?
Kalau edit foto banyak. Tapi sejauh ini untuk edit video baru beberapa orang karena buat video perlu konsep yang matang.

Apa keuntungan saya?
Keuntungan saya adalah memiliki media yang real untuk belajar. Saya hanya memberikan syarat kepada mereka yang meminta dieditkan, apabila ingin editannya cepat selesai bisa dengan mentransfer pulsa, kalau mau gratis juga bisa tapi harus menunggu antrian orang yang sudah mengirim pulsanya dan setelah fotonya jadi diwajibkan untuk mention akun Instagram saya sebagai bagian dari promosi (memperluas jaringan). Sebenarnya pulsa yang dikirim bukan untuk  mencari keuntungan, pulsa tersebut hanya sebagai ganti waktu dan kuota yang saya gunakan untuk mencari bahan-bahan editing dari internet. Perlakuan editing yang membayar dan tidak membayar juga saya bedakan. Bagi yang membayar biasanya saya edit dengan bantuan Photoshop di laptop bila dirasa itu diperlukan supaya lebih detail dan ukurannya lebih besar. Bagi yang gratis saya lebih senang menggunakan smartphone android saja. Tapi semua itu tergantung mood lagi.

Lalu apa tujuan saya?
Tujuan saya adalah untuk menambah pengalaman saya dalam bidang editing. Ada pepatah yang mengatakan "Practice makes perfect" (Berlatih membuat semuanya sempurna) dan
"Experience is the best teacher" (Pengalaman adalah guru terbaik). Saya bukan berasal dari jurusan DKV (Design Komunikasi Visual), yaitu jurusan yang mempelari lebih dalam tentang design, baik itu tradisional maupun modern yang menggunakan teknologi sebagai media utama. Editing saya pelajari secara otodidak dan merupakan bagian dari hobi saya. Saya yakin dengan memperdalam hobi ini insya Allah akan bermanfaat suatu hari nanti. Kita lihat saja sekarang sudah mulai ada imbasnya ke saya. Bahkan ada beberapa perusahan dari luar negeri yang mengirim ke email saya untuk bekerja sama setelah mereka melihat foto yang saya upload di sosial media. Padahal foto yang saya buat masih jauh dari kata sempurna.. Selain itu saya juga sudah mendaftar ke beberapa situs pencari jasa editing yang membayar mulai dari $5 untuk setiap editan. Mudah-mudah ini merupakan awal menjadi freelance yang sukses, bekerja di rumah mengurangi resiko di jalan dan tentunya dengan gaji yang lumayan besar. Doakan saja ya. :)

Mengapa?
Ini kuis atau apa ya? kok tanya jawab terus dari tadi :-D

Oke langsung ke pokok utamanya, inilah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk editing foto dan video di smartphone android kita

Aplikasi Edit Foto:
1. Picsart
2. PicSay
3. Snapseed
4. Autodesk
5. Camera360
6. BeautyPlus
7. AfterFocus
8. AThumb Cut
9. S Photo Editor
10. Instagram

Aplikasi Edit Video:
1. KineMaster
2. PowerDirector
3. VideScribe
5. Reverse
4. Viva Video

Itulah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk editing foto/video. Setiap aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangan, sehingga tidak jarang saya menggunakan lebih dari 1 aplikasi dalam proses editing. Aplikasi tersebut bisa di download melalui playstore. Namun ada beberapa aplikasi yang tidak gratis. Kalian bisa membayarnya langsung lewat playstore atau mendownloadnya dari link yang akan saya sediakan dipostingan berikutnya. Nanti saya akan bahas satu persatu kelebihan kekurangan dan cara menggunakannya. O, ya jika ingin melihat beberapa contoh foto yang saya buat, kalian bisa buka menu My Project yang terletak di sisi paling atas.
Semoga bermanfaat. :)


Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.