🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Kelas 11 Halaman 157, Kunci Jawaban Soal Bahasa Inggris + Terjemahan

Kelas 11 Halaman 157, Kunci Jawaban Bahasa Inggris + Terjemahan

📷 Screenshot Buku Usap foto ke kiri

  • Kelas 11 Halaman 157, Kunci Jawaban Bahasa Inggris + Terjemahan
  • Kelas 11 Halaman 157, Kunci Jawaban Soal Bahasa Inggris + Terjemahan
  • Kelas 11 Halaman 157, Kunci Jawaban Bahasa Inggris + Terjemahan

💬 Deskripsi

Pada buku paket Bahasa Inggris Kelas XI (sebelas) SMA/ SMK/ MA/ MAK Chapter 8 Halaman 157 terdapat bagian C. Post Reading Activity. Seperti biasa saya akan memberikan pembahasan soal, kunci jawaban, serta arti dari setiap kalimat bahasa Inggrisnya.

🔐 Soal & Kunci Jawaban

C. Post-Reading Activity

Discussion Questions

Read the questions carefully. Note down your opinions and reactions to the questions. During the discussion with your teacher and classmates, offer your personal reaction and understanding of the text.
  1. The story is based on multiple themes like love, sacrifice, hope, belief and pessimism. Which one do you think is more obvious in the story? Why? Give evidence to support your answer.
    Answer:
    Hope is the one that I think more obvious in the story. Because in the end of the story the last leaf gave Jhonsy hope. Jhonsy was believed that she will die when the last leaf fall. But,in the fact,the leaf never fall. And it's gave Jhonsy some extra passion to survive.

  2. Why does Sue call "the last leaf" as Behrman's masterpiece? Do you think it was a masterpiece?
    Answer:
    Because Sue think that it is the leaf that make her friend's "living-desire" returned. And i think it make-sense to call the last leaf masterpiece.

  3. Were you surprised at the ending of the story? Did you think it would end differently? Why?
    Answer:
    Yes,I was surprised at the ending of the story. I thought the ending will be like Behrman's will not volunteered to help Sue that asked him to draw a leaf on the window. And Johnsy will passed away.

  4. Painting the picture on the wall resulted in Mr. Behrman's death. Do you think he would still have painted the leaf if he had known that it would result in his death? Discuss and give reasons to support your answer.
    Answer:
    He had known it would result to his death. He said " some day i shall paint my masterpiece, and we shall all go away from here."

  5. If you were in Sue's shoes, how would you have reacted to Johnsy's irrational thoughts? Describe.
    Answer:
    I will stay with my friend even though he has an irrational thoughts. Cause we don't know when we will sick or die. We will need someone to take care of us.

  6. Why do you think Mr. Behrman made such a sacrifice? Discuss.
    Answer:
    Because he believed that he had a special duty to do everything possible to help Sue and Johnsy. He also believed that his masterpiece could help to make johnsy better from her condition.

  7. What would you have done if you were in Mr. Behrman's place? Discuss.
    Answer:
    If I were Mr. Behrman, I would have done like it. I am an old man and I don't have anything to make me usefulness for the others.

  8. What is the greatest sacrifice you have ever made for your family or friends? Describe.
    Answer:
    The greatest sacrifice I've ever made was my willingness to quit school for 4 months to take care of my younger brother after my mother passed away.

  9. Describe Mr. Behrman's personality based on the story.
    Answer:
    Mr. Behrman is a man who wants others to be happy. Even when Sue first told him Johnsy's fantasy about leaves, he reacted very badly. But to give Jhonsy moral support, all he can give is to prevent the last leaf from falling. He risked his life and painted the last leaf on the opposite wall in the terrible cold.

  10. Why do you think Johnsy never noticed that the last leaf never fluttered or moved even though it was raining heavily?
    Answer:
    Because Johnsy compared her life with number of leaves. When the number of leaves going to decrease the expectation of life also become decreased. When she looked out side she found that the leaf is there, she felt energetic towards life. 

📋 Terjemahan

C. Kegiatan Pasca Membaca

Pertanyaan Diskusi

Baca pertanyaan dengan hati-hati. Catat pendapat dan reaksi Anda terhadap pertanyaan. Selama diskusi dengan guru dan teman sekelas Anda, berikan reaksi dan pemahaman pribadi Anda tentang teks tersebut.
  1. Ceritanya didasarkan pada berbagai tema seperti cinta, pengorbanan, harapan, kepercayaan, dan pesimisme. Mana yang menurut Anda lebih jelas dalam cerita? Mengapa? Berikan bukti untuk mendukung jawaban Anda.
    Jawaban:
    Harapan adalah salah satu yang menurut saya lebih jelas dalam cerita. Karena di akhir cerita daun terakhir memberi Jhonsy harapan. Jhonsy diyakini akan mati saat daun terakhir gugur. Tapi nyatanya, daun itu tidak pernah gugur. Dan itu memberi Jhonsy semangat ekstra untuk bertahan hidup.

  2. Mengapa Sue menyebut "daun terakhir" sebagai mahakarya Behrman? Apakah menurut Anda itu adalah mahakarya?
    Jawaban:
    Karena Sue berpikir bahwa daun itulah yang membuat "keinginan hidup" temannya kembali. Dan saya pikir masuk akal untuk menyebut mahakarya daun terakhir.

  3. Apakah Anda terkejut dengan akhir cerita? Apakah Anda pikir itu akan berakhir berbeda? Mengapa?
    Jawaban:
    Ya, saya terkejut dengan akhir ceritanya. Saya pikir endingnya akan seperti surat wasiat Behrman yang tidak secara sukarela membantu Sue yang memintanya untuk menggambar daun di jendela. Dan Johnsy akan meninggal.

  4. Melukis gambar di dinding mengakibatkan kematian Pak Behrman. Apakah menurut Anda dia akan tetap melukis daun itu jika dia tahu bahwa itu akan mengakibatkan kematiannya? Diskusikan dan berikan alasan untuk mendukung jawaban Anda.
    Jawaban:
    Dia tahu itu akan mengakibatkan kematiannya. Dia berkata "suatu hari nanti saya akan melukis mahakarya saya, dan kita semua akan pergi dari sini."

  5. Jika Anda berada di posisi Sue, bagaimana reaksi Anda terhadap pemikiran irasional Johnsy? Gambarkan.
    Jawaban:
    Saya akan tetap bersama teman saya meskipun dia memiliki pemikiran yang tidak rasional. Karena kita tidak tahu kapan kita akan sakit atau meninggal. Kita akan membutuhkan seseorang untuk menjaga kita.

  6. Menurut Anda mengapa Tuan Behrman melakukan pengorbanan seperti itu? Diskusikan.
    Jawaban:
    Karena dia percaya bahwa dia memiliki tugas khusus untuk melakukan segala kemungkinan untuk membantu Sue dan Johnsy. Dia juga percaya bahwa mahakaryanya dapat membantu membuat johnsy lebih baik dari kondisinya.

  7. Apa yang akan Anda lakukan jika Anda berada di posisi Pak Behrman? Diskusikan.
    Jawaban:
    Jika saya adalah Tuan Behrman, saya akan melakukannya seperti itu. Saya sudah tua dan saya tidak punya apa-apa untuk membuat saya berguna bagi orang lain.

  8. Apa pengorbanan terbesar yang pernah Anda buat untuk keluarga atau teman Anda? Gambarkan.
    Jawaban:
    Pengorbanan terbesar yang pernah saya lakukan adalah rela berhenti sekolah selama 4 bulan untuk menjaga adik laki-laki saya setelah ibu saya meninggal dunia.

  9. Gambarkan kepribadian Pak Behrman berdasarkan cerita tersebut.
    Jawaban:
    Tuan Behrman adalah orang yang ingin orang lain bahagia. Bahkan ketika Sue pertama kali menceritakan fantasi Johnsy tentang daun, reaksinya sangat buruk. Namun untuk memberikan dukungan moral kepada Jhonsy, yang bisa dia berikan hanyalah mencegah daun terakhir jatuh. Dia mempertaruhkan nyawanya dan melukis daun terakhir di dinding seberang dalam cuaca yang sangat dingin.

  10. Menurut Anda mengapa Johnsy tidak pernah memperhatikan bahwa daun terakhir tidak pernah berkibar atau bergerak meskipun hujan deras?
    Jawaban:
    Karena Johnsy membandingkan hidupnya dengan jumlah daun. Ketika jumlah daun berkurang harapan hidup juga berkurang. Ketika dia melihat ke luar dia menemukan bahwa daun itu ada di sana, dia merasa energik terhadap kehidupan.

📒 Penjelasan

  1. Soal ini menanyakan tentang tema dari cerita. Cerita ini didasarkan pada beberapa tema seperti cinta, pengorbanan, harapan, kepercayaan dan pesimisme. Mana yang menurutmu lebih jelas dalam cerita? Mengapa? Berikan bukti untuk mendukung jawaban Anda.

    Harapan adalah salah satu tema yang lebih jelas dalam cerita. Karena di akhir cerita daun terakhir memberi Jhonsy harapan. Jhonsy diyakini akan mati saat daun terakhir gugur. Namun nyatanya, daun itu tidak pernah gugur. Dan itu memberi Jhonsy semangat ekstra untuk bertahan hidup.

  2. Soal ini menanyakan mengapa Sue menyebut "daun terakhir" sebagai mahakarya Behrman? Apakah kamu berpikir itu adalah sebuah mahakarya?

    Sue berpikir bahwa daun itulah yang membuat "keinginan hidup" temannya kembali. Dan itu masuk akal untuk menyebutnya mahakarya daun terakhir.

  3. Soal ini menanyakan apakah kamu terkejut dengan akhir cerita tersebut? Apakah kamu berpikir akan berakhir dengan cara yang berbeda? Mengapa?

    Akhir cerita cukup mengejutkan. Saya berpikir Behrman tidak akan secara sukarela membantu Sue yang memintanya untuk menggambar daun di jendela. Dan Johnsy akan meninggal.

  4. Soal ini menanyakan pendapatmu tentang sebuah keadaan dalam cerita. Lukisan gambar di dinding mengakibatkan kematian Mr. Behrman. Apakah kamu pikir dia masih akan melukis daun itu jika dia tahu itu akan mengakibatkan kematiannya? Diskusikan dan berikan alasan untuk mendukung jawabanmu.

    Dia tahu itu akan mengakibatkan kematiannya. Dia berkata, "Suatu hari saya akan melukis mahakarya saya, dan kita semua akan pergi dari sini."

  5. Soal ini menanyakan jika kamu berada dalam kondisi Sue, bagaimana kamu akan bereaksi terhadap pemikiran Johnsy yang tidak rasional?

    Saya akan tetap bersama teman saya meskipun dia memiliki pemikiran yang tidak rasional. Karena kita tidak tahu kapan kita akan sakit atau mati. Kita akan membutuhkan seseorang untuk menjaga kita.

  6. Soal ini menanyakan mengapa kamu berpikir Tuan Behrman membuat sebuah pengorbanan? Diskusikan.

    Tuan Behrman berkorban karena dia percaya bahwa dia memiliki tugas khusus untuk melakukan segala kemungkinan untuk membantu Sue dan Johnsy. Dia percaya bahwa karya agungnya dapat membantu membuat Johnsy lebih baik dari kondisinya.

  7. Soal ini menanyakan apakah yang akan kamu melakukan jika kamu berada di posisi Tuan Behrman? Diskusikan.

    Jika berada di posisi Tuan Behrman, tentu saya akan melakukan hal yang sama dengan apa yang dia lakukan. Sebagai seorang lelaki tua yang tak memiliki apa-apa, tentu dengan membantu Sue dapat menjadikan diri berguna bagi orang lain.

  8. Soal ini menanyakan apa pengorbanan terbesar yang pernah kamu lakukan untuk keluargamu atau temanmu? Deskripsikan.

    Pengorabanan terbesar yang pernah aku lakukan adalah kesediaanku berhenti sekolah selama 4 bulan untuk merawat adikku setelah ibuku meninggal. 

  9. Soal ini memintamu untuk mendeskripsikan karakter dari Tuan Behrman pada cerita.

    Tuan Behrman adalah orang yang ingin orang lain bahagia. Meskipun ketika untuk pertama kalinya Sue memberitahunya fantasi Jhonsy tentang daun, dia bereaksi sangat buruk. Tetapi untuk memberikan dukungan moral kepada Jhonsy, yang dapat diberikannya adalah dengan mencegah daun terakhir jatuh. Dia mempertaruhkan nyawanya dan melukis gambar daun terakhir di dinding seberang dalam cuaca dingin yang mengerikan.

  10. Soal ini menanyakan mengapa kamu berpikir bahwa Jhonsy tidak pernah memperhatikan bahwa daun terakhir tidak pernah berkibar atau bergerak meskipun hujan deras?

    Karena Johnsy membandingkan hidupnya dengan jumlah daun. Ketika jumlah daun akan berkurang harapan hidup juga menjadi berkurang. Ketika dia melihat ke luar dia menemukan bahwa daun itu ada di sana, dia merasa semangat untuk tetap hidup.

📢 Disclaimer

Demikian soal, kunci jawaban, dan terjemahan yang bisa saya tuliskan. Semoga bermanfaat untuk kalian semua baik bagi Guru maupun Siswa Sekolah di seluruh Indonesia.

Soal, kunci jawaban, dan terjemahan yang saya berikan hanya untuk bahan belajar dan dijadikan referensi semata. Jangan digunakan untuk bermalas-malasan atau jadi bahan contekan.

Selain pembahasan di atas, kalian bisa menemukan pembahasan lainnya dengan menekan tombol berikut:
Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 Kelas 10 Kelas 11 Kelas 12

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.