🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Kunci Jawaban Bahasa Inggris Chapter 9 Task 2 Halaman 128 Kelas 10

Kunci Jawaban Bahasa Inggris Chapter 9, Halaman 128 Kelas 10 SMA SMK MA
Saifullah.id - Halo semua, balik lagi bersama saya Saiful yang tentunya akan membahas soal bahasa Inggris lagi. Seperti biasa, kita akan menjawab soal di buku Bahasa Inggris kelas X (sepuluh) tingkat SMA/SMK/MA/MAK. Tapi pembahasan kali ini masuk pada Chapter 9 Task 2 Halaman 128 


Kata di dalam kotak ada yang tidak sesuai dengan soal. Jadi, kerjakanlah dengan hati-hati.

Task 2: Complete the sentences. Choose the right words and change them into the simple past or present tense according to the context of the sentences.
Tugas 2: Lengkapi kalimatnya. Pilih kata yang tepat dan ubah menjadi simple past atau present tense sesuai dengan konteks kalimatnya.

take place = berlangsung
anger = marah
siege = pengepungan
hamper = menghambat
rally = berkumpul
betray = mengkhianati
break = istirahat
advance = maju
conquer = mengatasi
feel = merasa
betray = mengkhianati
surrender = menyerah
  1. His unruly behavior frequently angers many teachers and classmates. However, Mrs. Sabariah never gets tired of giving him advice every time he makes problem.
    Kalimat ini menggunakan Present Tense, karena kalimatnya memiliki ciri-ciri ada kata: frequently, never, gets, every, dan makes. Sehingga kata "anger" ditambah akhiran "s" karena subjectnya singular.
  2. The city was in fire. After analyzing the situation, the general finally ordered his soldiers to move. They advanced secretly to go out of the besieged city.
    Kalimat ini menggunakan Simple Past, karena kalimatnya memiliki ciri-ciri ada kata: was dan ordered. Sehingga kata "advance" ditambah akhiran "d" agar menjadi Past tense.
  3. She cannot buy gadget, clothes, shoes, and textbooks. However, the poverty never hampers the progress of her study. For textbooks, she usually borrows them from the school library.
    Kalimat ini menggunakan Present Tense, karena kalimatnya memiliki ciri-ciri ada kata: buy, never, usually, dan borrows. Sehingga kata "hamper" ditambah akhiran "s" karena subjectnya singular.
  4. Don’t cheat in exam. Cheating means that you betray your own life principle.
    Kalimat ini menggunakan Present Tense, karena kalimatnya memiliki ciri-ciri ada kata: don't dan means. Sehingga kata "betray" tidak perlu diubah karena subjectnya plural (you)
  5. The robber refused to surrender, but the police persuaded them to give up.
    Kalimat ini menggunakan Simple Past, karena kalimatnya memiliki ciri-ciri ada kata: persuaded. Sehingga kata "refuse" ditambah akhiran "d" agar menjadi Past tense.
  6. Never betray best friends for our own advantage because best friends are like precious treasure.

  7. On every Sunday morning, the student organizations and their members regularly rally to the town square to entertain and educate people to reduce the use of plastic in daily life.

  8. He could finally graduate from high school despite the financial problems that he faced. He conquered his life problems successfully. Learn from him.

  9. The ceremony in remembrance of our founding fathers and mothers took place in the training field. The ceremony was a tribute to them.

  10. When I was in Columbus, America, I heard Tanah Pusaka song. I felt very emotionally touched, and I even cried. I missed Indonesia, my beloved country.

  TERJEMAHAN  

  1. Perilakunya yang sulit diatur sering membuat marah banyak guru dan teman sekelas. Namun, Bu Sabariah tidak pernah bosan memberikan nasehat setiap kali ia membuat masalah.

  2. Kota itu terbakar. Setelah menganalisis situasinya, sang jenderal akhirnya memerintahkan tentaranya untuk bergerak. Mereka maju secara diam-diam untuk keluar dari kota yang terkepung.

  3. Dia tidak bisa membeli gadget, pakaian, sepatu, dan buku pelajaran. Meski demikian, kemiskinan tidak pernah menghambat kemajuan studinya. Untuk buku teks, dia biasanya meminjamnya dari perpustakaan sekolah.

  4. Jangan menyontek saat ujian. Menyontek berarti mengkhianati prinsip hidup Anda sendiri.

  5. Perampok menolak untuk menyerah, tetapi polisi membujuk mereka untuk menyerah.

  6. Jangan pernah mengkhianati sahabat untuk keuntungan kita sendiri karena sahabat itu seperti harta yang berharga.

  7. Setiap Minggu pagi, organisasi mahasiswa dan anggotanya secara rutin berkumpul di alun-alun kota untuk menghibur dan mengedukasi masyarakat agar mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

  8. Dia akhirnya bisa lulus dari sekolah menengah meskipun masalah keuangan yang dia hadapi. Dia berhasil mengatasi masalah hidupnya. Belajar darinya.

  9. Upacara untuk mengenang para bapak dan ibu pendiri kami berlangsung di lapangan pelatihan. Upacara itu merupakan penghormatan bagi mereka.

  10. Ketika saya di Columbus, Amerika, saya mendengar lagu Tanah Pusaka. Saya merasa sangat tersentuh secara emosional, dan saya bahkan menangis. Saya merindukan Indonesia, negara tercinta.
Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa, untuk menentukan apakah sebuah kalimat termasuk Simple Past Tense atau Present Tense kita dapat melihat Verb (kata kerja) di sekelilingnya, baik di kalimat sebelumnya ataupun dikalimat berikutnya.

Selain Verb (kata kerja), ciri Present Tense bisa dilihat dari kata yang menerangkan frekuensi: never, seldom, usually, rare, regularly, frequently, always, dan lain-lain.

Selain pembahasan soal di atas, kalian juga bisa menemukan pembahasan soal bahasa inggris kelas 10 lainnya dengan menekan ini 👉 PEMBAHASAN SOAL

Selain pembahasan di atas, kalian bisa menemukan pembahasan lainnya dengan menekan tombol berikut:
Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 Kelas 10 Kelas 11 Kelas 12

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.