🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Pembahasan Soal Bahasa Inggris STRONG WIND Reading Comprehension Hal 183 - 185

Pembahasan Soal Bahasa Inggris STRONG WIND Reading Comprehension Hal 183 - 185
Saifullah.id - Reading Comprehension adalah kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam mempelajari bahasa, terutama Bahasa Asing. Reading comprehension menuntut kita bukan hanya sekedar mengerti terjemahan teks yang kita baca, melainkan paham secara mendalam dan menyeluruh makna dari teks Bahasa Inggris di dalam Bahasa Indonesia sehingga bisa mengintegrasikannya dengan apa yang kita diketahui.


Pada buku Bahasa Inggris kelas X (sepuluh) tingkat SMA / SMK / MA / MAK Chapter 14 Halaman 183-185 terdapat soal cerita yang berjudul  STRONG WIND (Angin Kencang).

Ada 10 bagian kosong yang harus dilengkapi agar menjadi kalimat utuh yang mudah dipahami. Kata untuk melengkapinya sudah diberikan pada perintah soal di atasnya yang tandai dengan tulisan dicetak miring.

Disclaimer!
Kunci jawaban dan terjemahan teks di website ini hanya untuk alat koreksi saja, bukan untuk contekan atau sarana bermalas-malasan. Jadi kerjakan soalnya sendiri terlebih dahulu sesuai kemampuan kalian, baru kalian boleh mencocokkan jawaban yang kalian punya dengan jawaban di sini. Be a smart people, not the lazy one!

  READING COMPREHENSION  

Task 1:
Read the story and fill in the blanks with the following words: tremble, lying, jealous, bow, long, fine, invisible, rope, gentle, rags.

STRONG WIND

       Once there was a great warrior named Strong Wind. He lived with his sister in a tent by the sea. Strong Wind was able to make himself invisible (1). His sister could see him, but no one else could. He had said he would marry the first woman who could see him as he came at the end of the day.
       Many women came up to his tent to watch for him. When his sister saw him coming, she would ask, “Do you see him?”
       Each girl would answer, “Oh, yes! I see him!”
       Then Strong Wind’s sister would ask, “What is he pulling his sled with?”
       And then the girls would answer, “with a rope (2)” or “with a wooden pole.”
       Then Strong Wind’s sister would know that they were lying, because their guesses were wrong.
       A chief lived in a village. His wife had died, and he had three daughters. One was much younger than the other two. She was gentle, kind and beautiful, but her sisters were jealous (3) of her and treated her badly. They cut off her long black hair and they made her wear rags. They also burned her face with coals so that she would be ugly. They lied to their father that she did these things to herself. But she remained calm and gentle (4).
       The two older sisters also went to try and see Strong Wind. When he was coming, Strong Wind’s sister asked them, “Do you see him?” “Oh, yes! I see him!” Each of them answered. “What is his bow made out of?” asked Strong Wind’s sister. “Out of iron,” answered one. “Out of wood,” answered the other. “You have not see him,” said Strong Wind’s sister. Strong Wind himself heard them and knew that they had lied. They went into the tent, but still they could not see him. They went home very sad.
       One day the youngest daughter went to try and see Strong Wind. She was wearing rags (5), and burn covered her face. People laughed at her, but she kept going. When she got to Strong Wind’s tent she waited.
       When Strong Wind was coming, his sister asked the girl, “Do you see him?”
       “No,” the girl answered. “I don’t see him.”
       Strong Wind’s sister was surprised because the girl had told the truth. “Now do you see him?” asked Strong Wind’s sister.
       “Yes,” answered the girl. “Now, I do see him. He is very wonderful.”
       “What is his bow (6) made of?” asked Strong Wind’s sister.
       “The rainbow,” answered the girl. 
       “And what is the bowstring made of?” asked Strong Wind’s sister. 
       “Of Stars,” answered the girl. 
       Then Strong Wind’s sister knew that the girl could really see him. He had let her see him because she had told the truth. 
       “You really have seen him,” said Strong Wind’s sister. Then the sister washed the girl, and all the burns went away. Her hair grew long (7) and black again. The sister dressed the girl in fine (8) clothes. Strong Wind came and the girl became his wife.
       The girl’s two older sisters were very angry, but Strong Wind turned them into aspen trees. Ever since that day, the leaves of the aspen tree always tremble (9) with fear wherever he comes near, because they know he remembers their lying (10) and meanness.

 TERJEMAHAN BAHASA INDONESIA 
Task 1:
Baca ceritanya dan isi bagian rumpang dengan kata-kata berikut: gemetar, berbohong, cemburu, membungkuk, panjang, halus, tak terlihat, tali, lembut, kain.

STRONG WIND (Angin Kencang)

       Suatu ketika ada seorang prajurit hebat bernama Strong Wind. Dia tinggal bersama saudara perempuannya di sebuah tenda di tepi laut. Strong Wind mampu membuat dirinya tidak terlihat (1). Kakak perempuannya bisa melihatnya, tapi tidak ada orang lain yang bisa. Dia mengatakan dia akan menikahi wanita pertama yang bisa melihatnya saat dia datang di penghujung hari.
       Banyak wanita datang ke tendanya untuk mengawasinya. Ketika saudara perempuannya melihatnya datang, dia akan bertanya, "Apakah kamu melihatnya?"
       Setiap gadis akan menjawab, “Oh, ya! Saya melihat dia!"
       Kemudian saudara perempuan Strong Wind akan bertanya, "Dengan apa dia menarik kereta luncurnya?"
       Dan kemudian gadis-gadis itu akan menjawab, "dengan tali (2)" atau "dengan tiang kayu."
       Kemudian saudara perempuan Strong Wind akan tahu bahwa mereka berbohong, karena tebakan mereka salah.
       Seorang kepala suku tinggal di sebuah desa. Istrinya telah meninggal, dan dia memiliki tiga anak perempuan. Salah satunya jauh lebih muda dari dua lainnya. Dia lembut, baik dan cantik, tetapi saudara perempuannya cemburu (3) padanya dan memperlakukannya dengan buruk. Mereka memotong rambut hitam panjangnya dan membuatnya memakai kain lap. Mereka juga membakar wajahnya dengan bara agar dia menjadi jelek. Mereka berbohong kepada ayah mereka bahwa dia melakukan hal-hal ini pada dirinya sendiri. Tapi dia tetap tenang dan lembut (4).
       Kedua kakak perempuan itu juga pergi untuk mencoba dan melihat Angin Kuat. Ketika dia datang, saudara perempuan Strong Wind bertanya kepada mereka, "Apakah kamu melihatnya?"
       "Oh ya! Saya melihat dia!" Masing-masing menjawab.
       "Busurnya terbuat dari apa?" tanya adik Strong Wind.
       "Dari besi," jawab yang satu. "Dari kayu," jawab yang lain.
       “Kamu belum melihatnya,” kata saudara perempuan Strong Wind.
       Strong Wind sendiri mendengar mereka dan tahu bahwa mereka telah berbohong. Mereka masuk ke dalam tenda, tapi tetap saja mereka tidak bisa melihatnya. Mereka pulang dengan sangat sedih.
       Suatu hari putri bungsu pergi untuk mencoba dan melihat Strong Wind. Dia memakai kain lap (5), dan luka bakar menutupi wajahnya. Orang-orang menertawakannya, tapi dia terus melakukannya.
       Ketika dia sampai di tenda Strong Wind, dia menunggu. Ketika Strong Wind datang, saudara perempuannya bertanya kepada gadis itu, "Apakah kamu melihatnya?"
       "Tidak," jawab gadis itu. Aku tidak melihatnya.
       Adik Strong Wind terkejut karena gadis itu mengatakan yang sebenarnya. “Sekarang, apakah kamu melihatnya?” tanya adik Strong Wind.
       “Ya,” jawab gadis itu. “Sekarang, aku melihatnya. Dia sangat luar biasa. "
       “Terbuat dari apakah busurnya (6)?” tanya saudara perempuan Strong Wind.
       "Pelangi," jawab gadis itu.
       "Dan dari apakah tali busur itu?" tanya saudara perempuan Strong Wind.
       “Dari bintang-bintang,” jawab gadis itu.
       Kemudian saudara perempuan Strong Wind tahu bahwa gadis itu benar-benar dapat melihatnya. Dia membiarkannya melihatnya karena dia mengatakan yang sebenarnya.
       “Kamu benar-benar telah melihatnya,” kata saudara perempuan Strong Wind. Kemudian saudari itu memandikan gadis itu, dan semua luka bakar lenyap. Rambutnya tumbuh panjang (7) dan menghitam lagi. Saudari itu mendandani gadis itu dengan pakaian bagus (8). Strong Wind datang dan gadis itu menjadi istrinya.
       Kedua kakak perempuan gadis itu sangat marah, tetapi Strong Wind mengubah mereka menjadi pohon aspen. Sejak hari itu daun-daun pohon aspen selalu gemetar (9) ketakutan kemanapun dia mendekat, karena mereka tahu dia mengingat kebohongan dan kekejaman mereka (10).

Selain soal di atas, kalian juga bisa menemukan pembahasan soal bahasa inggris kelas 10 lainnya dengan menekan ini 👉 PEMBAHASAN SOAL

Selain pembahasan di atas, kalian bisa menemukan pembahasan lainnya dengan menekan tombol berikut:
Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 Kelas 10 Kelas 11 Kelas 12

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

Posting Komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.