🔔 Aktifkan notifikasi disini Google News

Pengertian, Jenis, dan Manfaat Blog

Pengertian, Jenis, dan Manfaat Blog

Pengertian Blog

Blog (singkatan dari web log) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Situs web ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan si pengguna blog tersebut. (Wikipedia)


Kata Web berasal dari bahasa Inggris, bila diterjemahkan artinya adalah jaringan, sedangkan log artinya catatan atau buku harian. Dengan kata lain, blog bisa disebut sebagai catatan harian yang di sajikan secara online yang memuat tentang segala hal yang diketahui , dialami, dan dirasakan oleh pemilik blog. Makanya web log dapat disebut juga sebagai online diary.

Istilah Blog

Di dalam dunia bloggging, ada istilah yang sering digunakan, yaitu:
1. Blog: Jurnal yang ada di internet.
2. Blogger: Orang yang memiliki blog/penulis blog/platform blog.
3. Blogging/Ngeblog: Aktivitas yang dilakukan seorang blogger/kegiatan mengupdate blog.

Sejarah Blog

Awal mulanya blog ini dipopulerkan oleh Blogger.com yang didirikan oleh sebuah perusahaan yang bernama Pyra Labs dengan pendirinya bernama Evan Williams dan Meg Hourihan. Pertama kali produknya dinamai sama dengan nama perusahaan, yaitu "Pyra". Lalu kemudian dalam tahap ujicoba di tahun 1999, Pyra berganti nama menjadi apa yang kita kenal sampai sekarang yaitu Blogger. Kemudian Blogger sempat dibuat ulang pada tahun 2002 untuk ditawarkan ke perusahaan dari Brazil. Namun kemudian di ambil alih oleh Google pada tahun 2003.

Fungsi Blog

Meskipun terlihat sederhana, blog memiliki banyak fungsi. Mulai sebagai diary, media sharing informasi, sarana kampanye, media belajar mengajar, tempat berjualan online, sarana publikasi program dan aplikasi, sampai sebagai media bagi perusahaan-perusahaan dalam berbisnis.

Pengguna Blog

Ada blog yang ditangani oleh satu penulis, dan ada juga blog yang dikerjakan oleh banyak penulis.

Platform Blog

Banyak penyedia blog gratis bermunculan setelah hadirnya Blogger. Berikut 20 platform blog yang saya ketahui:
  1. Blogger (Blogspot.com)
  2. WordPress (Wordpress.org dan Wordpress.com)
  3. Medium
  4. Tumblr
  5. Weebly
  6. Joomla
  7. Svbtle
  8. Quora
  9. Jekyll
  10. Wix
  11. SETT
  12. Drupal
  13. Google+
  14. TypePad
  15. Gosht.org
  16. Postach.io
  17. Posthaven
  18. Squarespace
  19. LinkedIn Pulse
  20. Facebook Notes
Dari sekian banyaknya platform blog tersebut, namun hanya ada 2 platform yang paling banyak dikunjungi pengguna menurut rangking popularitas di Alexa, yaitu Blogger dan WordPress. Oleh sebab itu saya pernah mencoba keduanya dan sekarang lebih memilih ngeblog dengan platform Blogger dikarenakan sudah tebiasa dan lumayan paham cara mengubah tampilannya, di tambah lagi blogger ini memiliki banyak sekali template gratis, jadi tidak perlu keluar banyak uang untuk gonta-ganti template. Sampai kapan saya akan terus menggunakan platform ini saya juga tidak tahu, yang pastinya sampai keadaan yang tidak mengizinkan.

Jenis-Jenis Blog

A. Berdasarkan Tema

  1. Blog Pribadi (pengalaman, curhat, keluhan)
  2. Blog Agama (ceramah, kitab, hukum agama)
  3. Blog Politik (aktivis, kampanye, berita politik)
  4. Blog Kesehatan (penyakit, obat, gaya hidup)
  5. Blog Sastra (bahasa, istilah, grammar, definisi, karya sastra)
  6. Blog Mode (fashion, model, busana, make up)
  7. Blog Bisnis (toko online, lowongan kerja, asuransi, MLM)
  8. Blog Bertopik (hanya fokus 1 topik)
  9. Blog Riset (penelitian, persoalan akademis)
  10. Blog Hukum (aturan, sangsi, pasal, undang-undang)
  11. Blog Pendidikan (belajar, mengajar)
  12. Blog Media (informasi, download)
  13. Blog Perjalanan (tempat wisata, turis, pengalaman, alam)
  14. Blog Kebersamaan (komunitas, geng, kelompok)
  15. Blog Petunjuk (penyedia link halaman website)
  16. Blog Virus (untuk merusak)
  17. Blog Pengganggu (promosi bisnis affiliate, spam, blogwalking dengan meninggalkan link aktif, berisi tulisan yang menipu untuk kepentingan PageRank, Copy Paste brutal)
  18. Blog Coba-coba (dibuat tapi tidak diupdate)


B. Berdasarkan Platform

  1. Free Blog (Blog Gratis): Subdomain dan hostingnya gratis dari pihak ketiga. Ciri-cirinya ada nama pihak penyedia layanan pada nama blog, contohnya saifullah2709.blogspot.com atau saifullah2709.wordpress.com.
  2. Self-Hosting Blog: Menggunakan domain dan hosting sendiri. Pemilik blog membayar layanan tersebut. Jenis platform ini biasa dipakai oleh blogger profesional dan internet marketer, misalnya: sugeng.id, bagas31.com, jalantikus.com, dan radityadika.com.
  3. Micro Blog: Blog dengan jumlah karakter tulisan terbatas, contohnya Twitter.
  4. Corporate Blog (Blog Perusahaan): Blog yang bberisi seputar perusahaan.
  5. Citizen Journalism: Blog yang ditulis masyarakat (bukan jurnalis profesional) yang disediakan oleh pihak tertentu, contohnya Blogdetik, Kompasiana, dan Liputan6.

C. Berdasarkan Konten

  1. Photoblog atau di singkat Phlog: Konten utama berupa foto.
  2. Vlog atau kepanjangan dari Video Blogging: Konten utama berupa video.
  3. Audioblog: Konten utamanya berupa rekamann suara/MP3/Podcast.
  4. Niche Blog: Berisi tema khusus atau hanya membahas satu topik secara dalam dan rinci.
  5. Microblog: Blog dengan jumlah tulisan terbatas seperti pada Twitter, Facebook, LinkedIn, dan MySpace. Meskipun sekarang Facebook telah mengubah pengaturannya sehingga bisa  menulis status panjang dan memiliki fasilitas Facebook Note.
  6. General Blog: Blog dengan topik campuran atau yang biasa disebut dikalangan blogger sebagai blog Gado-gado.

D. Berdasarkan Masa Berlaku/Kebutuhan

  1. Abadi: Berisi tentang segala informasi yang akan selalu dipakai dalam waktu yang sangat panjang atau bahkan berlaku sepanjang masa, misalnya blog tentang agama, kesehatan, tutorial, dan lain-lain. Kelebihan blog ini adalah hemat tenaga dan waktu, penulis hanya perlu menulis satu kali, namun bisa terpakai dalam masa yang panjang. Terlebih lagi jika tulisannya berkualitas. Namun apabila tulisannya kurang memadai, bisa dipastikan akan tereliminasi oleh materi blog yang lain. Selain itu jika ada perkembangan zaman, penulis cukup melakukan sedikit editing pada beberapa konten saja.
  2. Musiman: Berisi tentang segala informasi yang hanya membahas topik yang tidak mungkin terulang kembali. Biasanya ini adalah blog berita dan sesuatu yang sedang viral. Ketika ada berita baru maka konten yang lama akan terlupakan. Meskipun tidak semuanya akan terlupakan, namun hanya sedikit kemungkinan untuk diakses kembali. Kelebihan dan kekurangan blog ini adalah akan mudah dapat visitor banyak karena membahas topik yang sedang hangat, tapi akan mudah pula ditinggalkan pengunjung jika tidak update dengan fenomena atau kejadian terbaru.

Tujuan Ngeblog

Beda orang beda tujuan, dari hasil diskusi bersama para blogger, dapat saya simpulkan bahwa, tujuan mereka ngeblog diantaranya adalah:
  1. Hobi: Blog merupakan tempat terbaik penyalur hobi membaca, menulis, dan berkarya. Tak terpenting dibaca atau tidak. Yang terpenting mereka menyukainya. Sedangkan penghasilan dari ngeblog hanyalah bonus saja bagi mereka, bukan tujuan utama.
  2. Ikut trend: Buat blog sekedar ikut-ikutan teman, cuma ingin dibilang gaul atau mengikuti perkembangan zaman. Artinya mereka tidak punya niat yang sungguh-sungguh. Sekedar punya sudah membuat mereka puas.
  3. Uang:  Blog sebagai tempat mencari penghasilan tetap maupun penghasilan tambahan. Nah pada kategori ini, biasanya seorang blogger sudah mulai memperhatikan seluruh kontennya dan memiliki target pencapaian. Harapan terbesar mereka adalah dollar naik dan banyaknya pengunjung harian yang klik iklan. Tapi ada juga yang menjual produk sendiri, seperti jual template blog dan jual jasa yang lain.
  4. Berbagi: Yang namanya berbagi tidak mesti berbagi dalam bentuk materi bukan? Tapi berbagi memiliki cakupan yang lebih luas. Bisa berbagi ilmu pengetahuan, tutorial, pengalaman, dan lain-lain. Nah, tujuan saya sendiri ya ini, ingin berbagi. Ilmu pengetahuan yang kita dapatkan tidaklah berguna tanpa dibagikan ke orang lain. Selain itu apa yang kita bagikan itu tidak akan habis, justru akan terus bertambah. Harapan saya cuma satu, yaitu menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang banyak. 
Di dalam agama saya sendiri dijelaskan seperti ini “Jika seseorang meninggal maka terputuslah amalnya kecuali tiga hal; shadaqah jariyah, ilmu yang manfaat, dan anak shalih yang mendoakan orang tuanya” (HR. Muslim).

Dari Ibnu Umar bahwa seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW, maka ia bertanya: “Ya Rasulullah, siapakah orang yang paling dicintai Allah? Dan apakah amal yang paling dicintai Allah azza wa jalla?” Rasulullah SAW bersabda : “Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat bagi orang lain…” (HR. Thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir li Ath-Thabrani juz 11 hlm.84).

Dan ada hadits lain yang menjelaskan "Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289).

Apapun tujuan kamu membuat blog yang jelas jangan sampai copy paste tulisan orang lain ya. Kamu tidak tahu perjuangan mereka dalam menulis, mencari ide, dan referensi untuk tulisan mereka. Tidak sedikit tenaga, pikiran, dan waktu yang mereka sisihkan untuk membuat sebuah tulisan. Mari saling menghargai dengan tidak mengambil tulisan orang lain. Sebisa mungkin berkomentarlah atau klik like pada blog mereka sebagai penyemangat mereka dalam berkarya.

Saya rasa pembahasannya sudah cukup sampai di sini. Mudah-mudah informasi di atas dapat menambah wawasan kita seputar blog. Jika ada informasi yang kurang tepat maupun terlewatkan. Mohon dikonfirmasi lewat kolom komentar. Sekian dulu dari saya. Semoga bermanfaat. :)

Mau donasi lewat mana?

SeaBank - Saifullah (9016-9529-0071)

BRI - Saifullah (05680-10003-81533)

BCA Blu - Saifullah (007847464643)

JAGO - Saifullah (1060-2675-3868)

BSI - Saifullah (0721-5491-550)
Merasa terbantu dengan artikel ini? Ayo dukung dengan memberikan DONASI. Tekan tombol merah.
Seorang Guru Bahasa Inggris, Kreator Digital, Editor, Publisher, Advertiser, Blogger, Youtuber, Distributor, Desain Grafis, Web Developer, dan Programmer.

4 komentar

Popular Emoji: 😊😁😅🤣🤩🥰😘😜😔😪😭😱😇🤲🙏👈👉👆👇👌👍❌✅⭐
  1. Greetings I am so happy I found your blog, I really found you by mistake, while I
    was researching on Digg for something else, Regardless I am here now
    and would just like to say cheers for a marvelous post and a all round interesting blog (I
    also love the theme/design), I don’t have time to read it
    all at the minute but I have saved it and also
    included your RSS feeds, so when I have time I will be back to read more, Please do
    keep up the awesome work.
    1. Thank you so much
  2. sangat suka dengan informasinya, benar benar membantu sebagai blogger pemula seperti saya.
  3. Alhamdulillah kalau memang begitu 😊
Centang Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi ketika komentar kamu sudah di jawab.
Parse:

Gambar Quote Pre Kode



  • Home


  • Follow


  • MENU


  • Share


  • Comment
Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Harap sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.